PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 2 DI KELAS 4 SDN 104209 SAENTIS T.A 2022/ 2023

LUBIS, RIZKA NUR ANNISA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 6 SUBTEMA 2 DI KELAS 4 SDN 104209 SAENTIS T.A 2022/ 2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1173311114_Cover.pdf] Text
1173311114_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1173311114_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173311114_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 1173311114_Abstrak.pdf] Text
1173311114_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1173311114_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173311114_Kata_Pengantar.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1173311114_Daftar_Isi.pdf] Text
1173311114_Daftar_Isi.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1173311114_Daftar_Gambar.pdf] Text
1173311114_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1173311114_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173311114_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1173311114_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173311114_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1173311114_BAB_I.pdf] Text
1173311114_BAB_I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 1173311114_BAB_V.pdf] Text
1173311114_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1173311114_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173311114_Daftar_Pustaka.pdf

Download (210kB)

Abstract

Dampak dari virus covid- 19 merambat ke dunia pendidikan untuk itu proses
belajar mengajar tatap muka dihentikan, hal ini diharapkan untuk memutus rantai
penyebaran virus covid-19 sehingga pemanfaatan teknologi untuk kegiatan
pembelajaran di sekolah dengan sistem pembelajaran online diterapkan.
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah pembelajaran dengan menggunakan suatu
media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengerahui Apakah ada kesulitan pada siswa
dalam memahami pembelajaran jarak jauh, Apakah guru menyampaikan materi
pembelajaran dengan baik terhadap siswa kelas IV SD Negeri 104209 Saentis T.A
2022/2023 selama pandemi COVID-19 dan Apakah ada pengaruh sistem
pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 6
Subtema 2 di kelas IV SD Negeri 10209 Saentis T.A 2022/2023 selama pandemi
COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104209
Seantis yang berjumlah 52 siswa yang terdiri dari kelas A dan B. sampel pada
penelitian ini di tarik dari jumlah populasi pada siswa kelas IV B dengan jumlah
27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi
dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
jarak jauh yang dilaksanakan di kelas IV-B SDN 104209 Saentis pada tema 6
subtema 2 T.A 2022/2023 kriteria uji t dengan menggunakan SPSS Statsistik 25.0
yang diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho
ditolak. Besar kontribusi yang diberikan oleh pembelajaran jarak jauh terhadap
hasil belajar siswa pada nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,39 yang artinya
39% hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik dipengaruhi oleh
pembelajaran jarak jauh dan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2025 02:36
Last Modified: 16 Jun 2025 02:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61217

Actions (login required)

View Item
View Item