KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI KELAS “FISHBOWL” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 106806 CINTA RAKYAT

WIDIASTUTI, RIMA (2024) KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI KELAS “FISHBOWL” TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 106806 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111045_Cover.pdf] Text
1201111045_Cover.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1201111045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 1201111045_Abstrak.pdf] Text
1201111045_Abstrak.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 1201111045_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111045_Kata_Pengantar.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 1201111045_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111045_Daftar_Isi.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 1201111045_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111045_Daftar_Gambar.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 1201111045_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111045_Daftar_Tabel.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1201111045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 1201111045_BAB_I.pdf] Text
1201111045_BAB_I.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of 1201111045_BAB_V.pdf] Text
1201111045_BAB_V.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 1201111045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode diskusi kelas “fishbowl” terhadap peningkatan hasil belajar IPAS kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat yang berjumlah 88 orang dengan sampel 2 kelas yaitu kelas IV B (Kelas eksperimen) dan kelas IV C (Kelas kontrol) yang berjumlah 59 orang. Jenis penelitian adalah Quasi-Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan uji t . Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan yaitu nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 88,33 dan kelompok kontrol sebesar 71,72. Hal ini didukung oleh nilai N-gain yaitu kelompok eksperimen berada pada nilai 0,68 kategori (sedang) dan kelompok kontrol berada pada nilai 0,28 kategori (rendah). Selanjutnya hasil uji t menyatakan thitung (7,317) > ttabel (2,002) pada ɑ= 0,05 N=57 atau Ha diterima. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa atau dapat dikatakan metode pembelajaran diskusi “fishbowl” efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Diskusi Fishbowl, Hasil Belajar IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:52
Last Modified: 16 Jun 2025 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61194

Actions (login required)

View Item
View Item