PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA JARING-JARING BANGUN RUANG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 173430 SAITNIHUTA

Simamora, Rich Lazuwan Venansiu (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA JARING-JARING BANGUN RUANG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 173430 SAITNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111059_Cover.pdf] Text
1203111059_Cover.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 1203111059_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111059_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111059_Abstrak.pdf] Text
1203111059_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1203111059_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111059_Kata_Pengantar.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 1203111059_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111059_Daftar_Isi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 1203111059_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111059_Daftar_Gambar.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 1203111059_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111059_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 1203111059_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111059_Daftar_Lampiran.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1203111059_BAB_I.pdf] Text
1203111059_BAB_I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1203111059_BAB_V.pdf] Text
1203111059_BAB_V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1203111059_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111059_Daftar_Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh media diorama jaring-jaring bangun ruang terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif-eksperimen, dengan desain Pre Ekxperimental tipe One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian terdiri dari 44 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa di kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran angket dan observasi tidak terstruktur, seterusnya data akan dianalisismenggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media pembelajaran diorama jaring-jaring bangun ruang berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Dapat dilihat dari perbandingan rata-rata pada saat melakukan pretest dengan rata-rata posstest. Selain itu juga berdasarkan hasil Uji t yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 23 for windows nilai signifikan yang didapat lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran diorama jaring-jaring bangun ruang terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SDN 173430 Saitnihuta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Diorama Jaring-jaring Bangun Ruang, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:21
Last Modified: 16 Jun 2025 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61191

Actions (login required)

View Item
View Item