PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 173283 SIANJUR KECAMATAN SIBORONGBORONG T.A 2023/2024

HUTASOIT, REPELINA (2024) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 173283 SIANJUR KECAMATAN SIBORONGBORONG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111026_Cover.pdf] Text
1203111026_Cover.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1203111026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111026_Abstrak.pdf] Text
1203111026_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1203111026_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111026_Kata_Pengantar.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 1203111026_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111026_Daftar_Isi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 1203111026_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111026_Daftar_Gambar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1203111026_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111026_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1203111026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1203111026_BAB_I.pdf] Text
1203111026_BAB_I.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 1203111026_BAB_V.pdf] Text
1203111026_BAB_V.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 1203111026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (328kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Gaya mengajar guru di kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024, 2) Motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024, 3) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap Motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sedehana dan uji signifikan (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru (X) terhadap motivasi belajar matematika siswa (Y) pada siswa kelas V di SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung untuk variabel gaya mengajar guru (X) adalah 5.147 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,70113 sehingga thitung > ttabel (5.147 > 1,70113), dengan nilai sig α = 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar matematika siswa di kelas V 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Matematika Siswa, Pengaruh
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:15
Last Modified: 01 Jul 2025 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61188

Actions (login required)

View Item
View Item