SITUMORANG, RENI GLORY (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202411022_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Cover.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of 1202411022_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (922kB)
![[thumbnail of 1202411022_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Abstrak.pdf
Download (182kB)
![[thumbnail of 1202411022_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Kata_Pengantar.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 1202411022_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Daftar_Isi.pdf
Download (447kB)
![[thumbnail of 1202411022_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
![[thumbnail of 1202411022_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1202411022_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 1202411022_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_BAB_I.pdf
Download (431kB)
![[thumbnail of 1202411022_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_BAB_V.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 1202411022_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (204kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran matematika gasing terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan di kelas II SD Negeri 173425 Simanullang Toba. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, dimana terdapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri 173425 Simanullang Toba yang berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II, dimana siswa dibagi sama rata berdasarkan nilai untuk dijadikan kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar untuk materi penjumlahan bilangan positif berbentuk soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Pada kelas ekperimen rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan metode gasing meningkat sebesar 34,67 sedangkan pada kelas kontrol mengalami kenaikan nilai rata-rata hanya sebesar 1,25 dari rata-rata nilai pretest. Sedangkan pada uji-t untuk kelas eksperimen hasil penelitian ini menunjukkan �ℎ����� = 26 dan ������ =2,160. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa �ℎ����� > ������ , yaitu 26 > 2,160, hal ini berarti Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran matematika gasing terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan di kelas II SD Negeri 163425 Simanullang Toba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran GASING, Matematika, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61186 |