PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

SITUMORANG, RENI GLORY (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411022_Cover.pdf] Text
1202411022_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1202411022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of 1202411022_Abstrak.pdf] Text
1202411022_Abstrak.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1202411022_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411022_Kata_Pengantar.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 1202411022_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411022_Daftar_Isi.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 1202411022_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411022_Daftar_Gambar.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 1202411022_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411022_Daftar_Tabel.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1202411022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 1202411022_BAB_I.pdf] Text
1202411022_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 1202411022_BAB_V.pdf] Text
1202411022_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1202411022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran matematika gasing terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan di kelas II SD Negeri 173425 Simanullang Toba. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, dimana terdapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SD Negeri 173425 Simanullang Toba yang berjumlah 32 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II, dimana siswa dibagi sama rata berdasarkan nilai untuk dijadikan kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Instrument dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar untuk materi penjumlahan bilangan positif berbentuk soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Pada kelas ekperimen rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan metode gasing meningkat sebesar 34,67 sedangkan pada kelas kontrol mengalami kenaikan nilai rata-rata hanya sebesar 1,25 dari rata-rata nilai pretest. Sedangkan pada uji-t untuk kelas eksperimen hasil penelitian ini menunjukkan �ℎ����� = 26 dan ������ =2,160. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa �ℎ����� > ������ , yaitu 26 > 2,160, hal ini berarti Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran matematika gasing terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan di kelas II SD Negeri 163425 Simanullang Toba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran GASING, Matematika, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:16
Last Modified: 01 Jul 2025 02:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61186

Actions (login required)

View Item
View Item