LUBIS, RAISYAH AULIA NABILA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS V SD NEGERI 066650 KOTA MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Cover.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 1203311025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (676kB)
![[thumbnail of 1203311025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Abstrak.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 1203311025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Kata_Pengantar.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 1203311025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Daftar_Isi.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 1203311025_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Daftar_Gambar.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 1203311025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Daftar_Tabel.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 1203311025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of 1203311025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_BAB_I.pdf
Download (353kB)
![[thumbnail of 1203311025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_BAB_V.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of 1203311025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE untuk
mengembangkan media pembelajaran sparkol videoscribe yang valid, praktis, dan
efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi untuk peserta didik
kelas V di SD Negeri 066650 Kota Medan pada semester genap tahun ajaran
2023/2024. Penelitian melibatkan 23 peserta didik kelas V sebagai subjek
penelitian, 2 validasi ahli dengan tujuan menguji validitas media pembelajaran
sparkol videoscribe dan 1 guru untuk menguji praktikalitas media pembelajaran
sparkol videoscribe dalam mata pelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum
merdeka. Validasi oleh ahli materi dan ahli desain media menunjukkan bahwa
media pembelajaran sparkol videoscribe ini mendapatkan skor tinggi, ahli materi
memberikan skor 83 dari skor maksimal 100 dengan persentase (83%) dan ahli
desain media memberikan skor 174 dari skor maksimal 180 dengan persentase
(96,66%). Guru juga memberikan skor tinggi untuk uji praktikalitas dengan skor
53 dari skor masksimal 55 dengan persentase (96,36%), dengan semua aspek
seperti tampilan, penyajian, materi, dan bahasa mendapatkan kategori "sangat
layak" dan "sangat valid". Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam hasil belajar peserta didik yang dilihat dari perbandingan skor
pre-test dan post-test peserta didik, skor hasil pre-test adalah 60,17 sementara
skor hasil post-test mencapai 85,13 dengan peningkatan sebesar 24,96. Dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran sparkol videoscribe “sangat layak” untuk
digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan
dapat meningkatkan keterampilan menulis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Teks Deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61181 |