PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS HOTS BERBANTUAN WORDWALL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOK MERAWAN

Yusri, Nurul Aprilia (2024) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS HOTS BERBANTUAN WORDWALL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DOLOK MERAWAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122004_Cover.pdf] Text
8206122004_Cover.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8206122004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of 8206122004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122004_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8206122004_Abstrak.pdf] Text
8206122004_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8206122004_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122004_Daftar_Isi.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8206122004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206122004_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 8206122004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206122004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8206122004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206122004_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8206122004_BAB_I.pdf] Text
8206122004_BAB_I.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 8206122004_BAB_V.pdf] Text
8206122004_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 8206122004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Instrumen evaluasi atau alat evaluasi merupakan suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis. Istrumen evaluasi di SMP Negeri 1 Dolok Merawan masih menggunakan alat evaluasi berupa kertas belum menggunakan evaluasi pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS berbantuan wordwall siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Merawan. Jenis penelitian ini menerapkan metode penelitian Research and Development (R&D). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dolok Merawan yang menggunakan alat evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dengan bantuan wordwall dengan jumlah 32 peserta didik. Objek penelitian yaitu mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi membaca (reading) dalam bentuk berbantuan wordwall. Penelitian ini memiliki tahapan uji validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli desain instruksional, ahli bahasa dan ahli evaluasi. Penelitian ini memiliki tahapan uji coba yakni uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional. Penelitian ini juga dilakukan uji keefektifan alat evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS berbantuan wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan alat evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS berbantuan wordwall “lebih efektif” dibanding mereka yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Hal tersebut diperlihatkan dengan perolehan pengkalkulasian yang didapatkan thitung = 2,28 dan ttabel = 2,00 dimana 2,28 > 2,00 untuk taraf signifikansi senilai 0,05. Nilai keefektifan alat evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis HOTS berbantuan wordwall lebih tinggi yaitu sebesar 80,28% daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional dengan nilai sebesar 75,25%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Yus p
Keywords: Pengembangan Alat Evaluasi, Hasil Belajar Bahasa Inggris, HOTS, Wordwall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 14 Mar 2025 03:12
Last Modified: 23 Apr 2025 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61177

Actions (login required)

View Item
View Item