HUTAGALUNG, RAHEL (2024) PENGARUH MEDIA MATH FRACTION PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 104201 KOLAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111133_Cover.pdf
Download (272kB)
1203111133_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (503kB)
1203111133_Abstrak.pdf
Download (391kB)
1203111133_Kata_Pengantar.pdf
Download (368kB)
1203111133_Daftar_Isi.pdf
Download (277kB)
1203111133_Daftar_Tabel.pdf
Download (201kB)
1203111133_Daftar_Gambar.pdf
Download (254kB)
1203111133_Daftar_Lampiran.pdf
Download (201kB)
1203111133_BAB_I.pdf
Download (480kB)
1203111133_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (918kB)
1203111133_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (712kB)
1203111133_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111133_BAB_V.pdf
Download (342kB)
1203111133_Daftar_Pustaka.pdf
Download (317kB)
1203111133_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran Math Fraction Puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 104201 Kolam T.A 2023/2024. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan model Quasi Eksperimen yang berbentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104201 Kolam pada T.A 2023/2024 dengan Sampel penelitian yaitu kelas V-A (eksperimen) dan kelas V-C (Kontrol) berjumlah 50 siswa. Rata- rata hasil belajar dengan menggunakan media Math Fraction Puzzle pada kelas eksperimen yaitu 77,20 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media Math Fraction Puzzle adalah 53,40. Pada uji normalitas diketahui bahwa hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Hasil uji Homogenitas data penelitian diketahui bahwa data penelitian berasal dari sampel yang homogen. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-t independen Sample test dengan taraf signifikansi a= 0,05 dan degree of freedom (df)= 25. Dari hasil uji hipotesis diperoleh �ℎ����� > ������ yaitu 10,164 > 2,011 sehingga dinyatakan bahwa ��diterima dan �� ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan media Math Fraction Puzzle terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN 104201 Kolam T.A. 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Pecahan, Media. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:25 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 05:05 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61176 |
