PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KUIS PeNA PADA PELAJARAN IPAS TOPIK DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA KELAS IV DI UPTD SDN 010028 SIMPANG EMPAT T.A 2023/2024

SIAHAAN, PUTRI NABILAH (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN KUIS PeNA PADA PELAJARAN IPAS TOPIK DAERAHKU DAN KEKAYAAN ALAMNYA KELAS IV DI UPTD SDN 010028 SIMPANG EMPAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111116_Cover.pdf] Text
1203111116_Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 1203111116_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111116_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111116_Abstrak.pdf] Text
1203111116_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203111116_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111116_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203111116_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111116_Daftar_Isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 1203111116_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111116_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203111116_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111116_Daftar_Tabel.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1203111116_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111116_Daftar_Lampiran.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1203111116_BAB_I.pdf] Text
1203111116_BAB_I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1203111116_BAB_V.pdf] Text
1203111116_BAB_V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 1203111116_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111116_Daftar_Pustaka.pdf

Download (284kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan pada topik daerahku daan kekayaan alamnya. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis video diperoleh skor dengan persentase sebesar 96,6% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor dengan persentase 83,2% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan persentase 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 50,72 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 82,25. Pembelajaran dengan menggunakan media multimedia pembelajaran interaktif di kelas IV pada topik daerahku dan kekayaan alamnya efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 65,33 dengan kategori “Efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Budaya Hidup Sehat, Penelitian dan Pengembangan, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:29
Last Modified: 01 Jul 2025 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61167

Actions (login required)

View Item
View Item