Syumanja, Putri Kharisma (2015) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENCEGAH KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMA NEGERI I HINAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.putri Kharisma Syumanja 1113351026 Cover.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 Approvat Sheet.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 Abstract.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 Preface.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 Table or content.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 table.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.Putri Kharisma Syumanja Syumanja 1113351026 Appendices.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 Chapter I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
12.Putri Kharisma Syumanja 1113351026 Chapter V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13.Putri Kharisma Syumanja 1113331026 Bibliography.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Masalah kenakalan remaja yang dialami siswa berkaitan erat dengan perilaku yang menyimpang. Pada kenyataan yang ditemui di lapangan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan, ada siswa yang memiliki kenakalan remaja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah kenakalan remaja siswa melalui bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mencegah kenakalan remaja siswa SMA Negeri I Hinai Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif antara layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mencegah kenakalan remaja siswa SMA Negeri I Hinai Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Hinai tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post test. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan metode random dari siswa kelas XI IPS-2 yang berjumlah 27 orang siswa sehingga diketahui 10 orang siswa yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket mencegah kenakalan remaja sebanyak 40 butir yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliable.
Dilihat dari hasil perhitungan telah diketahui bahwa sebelum diberi layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama (pre-test) mencegah kenakalan remaja siswa rata-rata = 88,8 termasuk kategori tinggi, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama (post-test) mencegah kenakalan remaja siswa rata-rata = 74,2 termasuk kategori rendah. Tampak bahwa kenakalan remaja siswa lebih rendah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, dengan selisih 14,6. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji (t) yang memperoleh hasil thitung = 3,566, sedangkan harga ttabel = 1,833.
Berdasarkan hasil temuan penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan pelaksaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mencegah kenakalan remaja siswa SMA Negeri I Hinai Tahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima. Hal ini terlihat dari thitung > ttabel (3,566 > 1,833).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 003 |
Keywords: | Kenakalan Remaja;Bimbingan Kelompok;Sosiodrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 08:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6116 |