PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUDAYA INTERAKTIF BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 157641 MASNAULI 2

SIHOMBING, NURLIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUDAYA INTERAKTIF BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 157641 MASNAULI 2. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411014_Cover.pdf] Text
1202411014_Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1202411014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 1202411014_Abstrak.pdf] Text
1202411014_Abstrak.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 1202411014_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411014_Kata_Pengantar.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 1202411014_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411014_Daftar_Isi.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1202411014_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411014_Daftar_Gambar.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 1202411014_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411014_Daftar_Tabel.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1202411014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1202411014_BAB_I.pdf] Text
1202411014_BAB_I.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 1202411014_BAB_V.pdf] Text
1202411014_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 1202411014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran peta budaya interaktif berbasis QR code yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 157641 Masnauli 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas IV SD. Validitas media peta budaya interaktif dilakukan dengan melibatkan tiga ahli validator, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi pendidikan. Hasil validasi oleh ahli materi menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90% dan masuk dalam kategori sangat layak. Validasi oleh ahli media menghasilkan persentase kelayakan sebesar 88,8% yang juga termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli praktisi pendidikan, yaitu guru kelas IV SDN 157641 Masnauli 2, memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Selanjutnya uji efektifitas media dilakukan dengan menganalisa peningkatan hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test dengan menggunakan rumus N-gain dengan skor N-gain yang diperoleh sebesar 0,726 dan persentase N-gain sebesar 72,64% yang berada dalam kategori normalitas gain tinggi dan kategori keefektifan “cukup efektif”. Sehingga media pembelajaran ini memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Peta Budaya Interaktif, QR Code, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:42
Last Modified: 01 Jul 2025 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61134

Actions (login required)

View Item
View Item