SIHOMBING, NURLIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUDAYA INTERAKTIF BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 157641 MASNAULI 2. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202411014_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Cover.pdf
Download (140kB)
![[thumbnail of 1202411014_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (726kB)
![[thumbnail of 1202411014_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Abstrak.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of 1202411014_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Kata_Pengantar.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 1202411014_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Daftar_Isi.pdf
Download (322kB)
![[thumbnail of 1202411014_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Daftar_Gambar.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of 1202411014_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Daftar_Tabel.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 1202411014_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Daftar_Lampiran.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 1202411014_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_BAB_I.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of 1202411014_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_BAB_V.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of 1202411014_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202411014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (264kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran peta budaya interaktif berbasis QR code yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 157641 Masnauli 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 orang siswa kelas IV SD. Validitas media peta budaya interaktif dilakukan dengan melibatkan tiga ahli validator, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi pendidikan. Hasil validasi oleh ahli materi menghasilkan persentase kelayakan sebesar 90% dan masuk dalam kategori sangat layak. Validasi oleh ahli media menghasilkan persentase kelayakan sebesar 88,8% yang juga termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli praktisi pendidikan, yaitu guru kelas IV SDN 157641 Masnauli 2, memperoleh persentase kelayakan sebesar 92% yang tergolong dalam kategori sangat praktis. Selanjutnya uji efektifitas media dilakukan dengan menganalisa peningkatan hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test dengan menggunakan rumus N-gain dengan skor N-gain yang diperoleh sebesar 0,726 dan persentase N-gain sebesar 72,64% yang berada dalam kategori normalitas gain tinggi dan kategori keefektifan “cukup efektif”. Sehingga media pembelajaran ini memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Peta Budaya Interaktif, QR Code, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61134 |