NURFADILLA (2024) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 066049 MEDAN HELVETIA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111021_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Cover.pdf
Download (320kB)
![[thumbnail of 1201111021_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (602kB)
![[thumbnail of 1201111021_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Abstrak.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of 1201111021_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
![[thumbnail of 1201111021_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Daftar_Isi.pdf
Download (233kB)
![[thumbnail of 1201111021_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Daftar_Gambar.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 1201111021_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Daftar_Tabel.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 1201111021_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (161kB)
![[thumbnail of 1201111021_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_BAB_I.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of 1201111021_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_BAB_V.pdf
Download (204kB)
![[thumbnail of 1201111021_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (332kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 066049 Medan Helvetia T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 066049 Medan Helvetia Tengah yang berjumlah 39 siswa, yaitu kelas IV-A (19 siswa) dan kelas IV-B (20 siswa). Dalam penelitian ini digunakan metode sampling jenuh, dimana setiap individu dalam populasi diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji kecenderungan, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien, dan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berkomunikasi guru di SDN 066049 Medan Helvetia dikategorikan sedang dengan banyak frekuensi 24 dengan presentasi 61,5%. Motivasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN 066049 Medan Helvetia dikategorikan sedang dengan banyak frekuensi 29 dengan presentasi 74,4%. Hasil uji koefisien korelasi antara variabel keterampilan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN 066049 Medan Helvetia pada T.A 2023/2024 dengan N= 39, �ℎ�����= 0,626, ������=0,3160, maka diperoleh �ℎ�����= 0,626 > ������=0,3160, maka Ha diterima. Dengan diterimanya Ha maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel kemampuan komunikasi guru dengan motivasi siswa dalam belajar matematika. Berdasarkan nilai r = 0,626 maka dapat disimpulkan bahwa variabel keterampilan komunikasi guru (x) dengan variabel motivasi belajar siswa (y) memiliki hubungan yang kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Berkomunikasi Guru, Motivasi Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:47 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61124 |