PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN DESMOS BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN RESILIENSI SISWA KELAS VIII SMPN 1 IDI

Astuti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN DESMOS BERBASIS RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN RESILIENSI SISWA KELAS VIII SMPN 1 IDI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172006_Cover.pdf] Text
8206172006_Cover.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 8206172006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 8206172006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172006_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8206172006_Abstrak.pdf] Text
8206172006_Abstrak.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 8206172006_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172006_Daftar_Isi.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8206172006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172006_Daftar_Tabel.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8206172006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172006_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8206172006_BAB_I.pdf] Text
8206172006_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8206172006_BAB_V.pdf] Text
8206172006_BAB_V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 8206172006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (474kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas media pembelajaran interaktif berbantuan desmos berbasis RME yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis dan resiliensi siswa di SMPN 1 Idi; 2) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui media pembelajaran interaktif berbantuan desmos berbasis RME yang dikembangkan; 3) peningkatan resiliensi siswa melalui media pembelajaran interaktif berbantuan desmos berbasis RME yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer tipe formative evaluation. Model pengembangan ini terdiri dari 2 tahap pengembangan yaitu preliminary (penentuan) dan prototyping (desain dan evaluasi). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Media pembelajaran interaktif berbantuan desmos berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan resiliensi siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan representasi matematis menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan desmos berbasis RME yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,41 meningkat menjadi 0,47 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”; dan 3) Peningkatan resiliensi siswa dengan pendekatan RME yang telah dikembangkan dilihat dari nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,33 meningkat menjadi 0,51 pada uji coba II, artinya berada dalam kategori “sedang”. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan desmos dalam pembelajaran persamaan garis lurus guna meningkatkan kemampuan representasi matematis dan resiliensi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Ast p
Keywords: Pengembangan media pembelajaran interaktif, model Tessmer, desmos, RME, representasi matematis, resiliensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:24
Last Modified: 23 Apr 2025 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61113

Actions (login required)

View Item
View Item