Simanjuntak, Jan Fredi Yosafat (2016) MEREDUKSI TERJADINYA BULLYING SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA DI KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI T.A 2015/2016,. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113151014 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 1113151014 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM. 1113151014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 1113151014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 1113151014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM. 1113151014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1113151014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 1113151014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1113151014 BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
13. NIM. 1113151014 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 1113151014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah melalui layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat mereduksi terjadinya perilaku bullying sisa di kelas meningkatan kestabilan emosi pada siswa di kelas VIII3 SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk “Mereduksi Terjadinya Perilaku Bullying Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Di Kelas VIII3 SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2015/2016”. Metode yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 7 orang siswa dikelas VIII3 yang menjadi korban dan pelaku bullying. Hasil pada siklus I sebesar 66% siswa korban bullying tidak lagi menjadi korban. Korban bullying berkurang dan terjadi pada 2 orang siswa, yaitu 1 orang siswa kategori rendah menjadi sedang, dan 1 orang siswa dengan kategori rendah menjadi kategori tinggi. Dan sebesar 50% siswa pelaku bullying tidak lagi menjadi pelaku. Pelaku bullying berkurang dan terjadi pada 2 orang siswa, yaitu 1 orang siswa kategori tinggi menjadi sedang, dan 1 orang siswa kategori tinggi menjadi rendah. Pada siklus II sebesar 100% siswa korban bullying tidak lagi menjadi korban. Dan sebesar 75% pelaku bullying tidak lagi menjadi pelaku. Pelaku bullying berkurang dan terjadi pada 3 orang siswa. Yaitu 1 orang siswa kategori tinggi menjadi sedang, dan 2 orang siswa berkategori tinggi menjadi rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama di kelas VIII3 SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016. Disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan adalah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Dapat Mereduksi Terjadinya Bullying Siswa Di Kelas VIII3 SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 019 |
Keywords: | Bullying;Teknik Sosiodrama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 07:22 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6111 |