PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SDN 050647 TIMBANG LAWAN T.P 2021/2022

SYAHFITRI, MEILANI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS V SDN 050647 TIMBANG LAWAN T.P 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1182111008_Cover.pdf] Text
1182111008_Cover.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 1182111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1182111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 1182111008_Abstrak.pdf] Text
1182111008_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1182111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1182111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 1182111008_Daftar_Isi.pdf] Text
1182111008_Daftar_Isi.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 1182111008_Daftar_Gambar.pdf] Text
1182111008_Daftar_Gambar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1182111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1182111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 1182111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1182111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 1182111008_BAB_I.pdf] Text
1182111008_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1182111008_BAB_V.pdf] Text
1182111008_BAB_V.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 1182111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1182111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (536kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan guru masih terbatas dan kurang memuat tahapan membaca pemahaman yaitu tahap prabaca,saat baca,dan pascabaca.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar flipbook maker layak,praktis,dan efektif berbasis model POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di kelas V SDN 050647 Timbang Lawan T.P 2021/2022.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari:potensi dan masalah ,pengumpulan data,desain produk,validasi desain,revisi desain,uji coba produk,revisi produk,uji coba pemakaian ,dan produksi massal.Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 050647 Timbang Lawan.Objek dalam penelitian ini yaitu bahan ajar flipbook maker berbasis model POE (Predict-Observe-Explain). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen wawancara guru,angket validasi materi dan desain,angket praktisi pendidikan ,angket respon siswa dan soal tes.
Hasil penelitian pengembangan bahan ajar flipbook maker berbasis model POE menunjukkan hasil validasi materi oleh validator ahli materi memperoleh persentase 80% kategori "Layak" dan hasil validasi desain oleh validator ahli desain memperoleh persentase 93% kategori "Sangat Layak". Uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase 77% kategori "Praktis" .Berdasarkan hasil uji N-gain nilai rata-rata yang diperoleh dari perhitungan n-gain score adalah 0.7645 yang berarti nilai berada pada g> 0,7 termasuk ke dalam kategori "Tinggi" sehingga bahan ajar dapat dikatakan "Efektif".
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar flipbook maker yang dikembangkan sudah valid ,praktis,dan efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di kelas V SDN 050647 Timbang Lawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Flipbook Maker.Model POE (Predict-Observe-Explain),R & D,Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:29
Last Modified: 01 Jul 2025 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61109

Actions (login required)

View Item
View Item