PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA

Siagian, Ira Santi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226176003_Cover.pdf] Text
8226176003_Cover.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 8226176003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226176003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8226176003_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226176003_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 8226176003_Abstrak.pdf] Text
8226176003_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8226176003_Daftar_Isi.pdf] Text
8226176003_Daftar_Isi.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 8226176003_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226176003_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8226176003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226176003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8226176003_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226176003_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8226176003_BAB_I.pdf] Text
8226176003_BAB_I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 8226176003_BAB_V.pdf] Text
8226176003_BAB_V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8226176003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226176003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Kahoot terhadap capaian pembelajaran siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster andom sampling dengan mengambil dua kelas dari tiga kelas yaitu kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam capaian kognitif berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari sepuluh soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur afektifitas dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian pembelajaran siswa pada capaian kognitif di kelas eksperimen memiliki kategori baik sekali dan di kelas kontrol memiliki kategori cukup baik. Capaian afektif di kelas eksperimen dengan kategori sangat baik dan di kelas kontrol dengan kategori baik. Sedangkan capaian psikomotorik siswa di kelas eksperimen dikategorikan sangat kompeten dan di kelas kontrol termasuk dalam kategori kompeten. Hasil analisis uji korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara capaian kognitif, capaian afektif, dan capaian psikomotorik memiliki tingkat hubungan yang kuat. Sehingga ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan kahoot terhadap capaian pembelajaran siswa. Dengan kata lain penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan kahoot capaian pembelajarannya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Sia p
Keywords: Problem Based Learning, Kahoot, Capaian Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:44
Last Modified: 22 Apr 2025 06:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61104

Actions (login required)

View Item
View Item