Lubis, Nanda Syakira (2024) PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 060843 MEDAN BARAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311020_Cover.pdf
Download (175kB)
1203311020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (474kB)
1203311020_Abstrak.pdf
Download (239kB)
1203311020_Kata_Pengantar.pdf
Download (359kB)
1203311020_Daftar_Isi.pdf
Download (295kB)
1203311020_Daftar_Tabel.pdf
Download (214kB)
1203311020_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
1203311020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (215kB)
1203311020_BAB_I.pdf
Download (377kB)
1203311020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (961kB)
1203311020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (807kB)
1203311020_BAB_IV.pdf
Download (717kB)
1203311020_BAB_V.pdf
Download (176kB)
1203311020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (294kB)
1203311020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis komik terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 060843 Medan Barat T.A 2023/2024. Penelitian ini meruakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen adalah 78,5 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 64,4. Pada uji normalitas diketahui bahwa data pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan dengan ketentuan Lhitung < Ltabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai pretest kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel (0,185 < 0,193) dan nilai postest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,133 < 0,193). Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung < Ltabel (0,167 < 0,198) dan nilai postest diperoleh Lhitung < Ltabel (0,132 < 0,198). Hasil uji homogenitas diketahui data pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi homogen dengan ketentuan Fhitung < Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,088 < 2,155). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan kriteria pengujiannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai thitung > ttabel (4,215 > 2,023) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis komik terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 060843 Medan Barat T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar, Bahan Ajar, Komik, Matematika |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:46 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 08:26 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61095 |
