PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 060843 MEDAN BARAT T.A 2023/2024

Lubis, Nanda Syakira (2024) PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 060843 MEDAN BARAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311020_Cover.pdf] Text
1203311020_Cover.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1203311020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 1203311020_Abstrak.pdf] Text
1203311020_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203311020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311020_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 1203311020_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311020_Daftar_Isi.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 1203311020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311020_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203311020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311020_Daftar_Tabel.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203311020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1203311020_BAB_I.pdf] Text
1203311020_BAB_I.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 1203311020_BAB_V.pdf] Text
1203311020_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1203311020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis komik terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 060843 Medan Barat T.A 2023/2024. Penelitian ini meruakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen adalah 78,5 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 64,4. Pada uji normalitas diketahui bahwa data pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan dengan ketentuan Lhitung < Ltabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai pretest kelas eksperimen adalah Lhitung < Ltabel (0,185 < 0,193) dan nilai postest kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,133 < 0,193). Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai Lhitung < Ltabel (0,167 < 0,198) dan nilai postest diperoleh Lhitung < Ltabel (0,132 < 0,198). Hasil uji homogenitas diketahui data pretest dan postest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi homogen dengan ketentuan Fhitung < Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai Fhitung < Ftabel (1,088 < 2,155). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berdasarkan kriteria pengujiannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh nilai thitung > ttabel (4,215 > 2,023) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis komik terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 060843 Medan Barat T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Bahan Ajar, Komik, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:46
Last Modified: 01 Jul 2025 06:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61095

Actions (login required)

View Item
View Item