Nasution, Dewi Nurhasanah (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 8226182017_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Cover.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (895kB)
![[thumbnail of 8226182017_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Abstrak.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Daftar_Tabel.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Daftar_Gambar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_BAB_I.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_BAB_V.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 8226182017_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8226182017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
LKPD yang diberikan kepada peserta didik pada saat proses pembelajaran tidak memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis karena peserta didik diberikan pertanyaan yang mendominasi C1, C2, dan C3 sehingga menyulitkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan dengan tingkat kognitif tinggi, maka diperlukan adanya pengembangan LKPD berbasis PBL. Penelitan ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 101775 Sampali, 2) Untuk mengetahui kepraktisan LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 10775 Sampali, 3) Untuk mengetahui efektivitas LKPD berbasis PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL sudah layak digunakan, berdasarkan uji kelayakan produk LKPD yang dikembangkan oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain diperoleh rata-rata 73,85%. Berdasarkan respon guru dan peserta didik kelas IV LKPD berbasis PBL sangat praktis digunakan pada proses pembelajaran, hasil respon oleh dua guru sebesar 84% dan 99% dan hasil respon peserta didik kelas IV sebesar 89,33%. LKPD berbasis PBL efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 101775 Sampali dengan diperoleh nilai N-Gain skor sebesar 0,65 dengan kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Nas p |
Keywords: | LKPD, PBL, Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 06:43 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 05:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61062 |