ANALISIS PENERAPAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C KELAS V SDN 066056 MEDAN DENAI

TAMBUNAN, NADIA LORENT (2024) ANALISIS PENERAPAN BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C KELAS V SDN 066056 MEDAN DENAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311111_Cover.pdf] Text
1203311111_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1203311111_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311111_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 1203311111_Abstrak.pdf] Text
1203311111_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203311111_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311111_Kata_Pengantar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1203311111_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311111_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1203311111_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311111_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1203311111_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311111_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311111_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311111_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311111_BAB_I.pdf] Text
1203311111_BAB_I.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 1203311111_BAB_V.pdf] Text
1203311111_BAB_V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1203311111_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311111_Daftar_Pustaka.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran budaya literasi sebagai upaya
meningkatkan keterampilan 4C, yaitu critical thingking (berpikir kritis),
communication (komunikasi), collabaration (kolaborasi) dan creativity (kreativitas)
di SD Negeri 066056 Medan Denai. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode purposiv sampling yang melibatkan pengumpulan data
melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Kuesioner dibagikan kepada siswa
kelas V untuk mengetahui persepsi mereka terhadap kegiatan literasi dan
keterampilan 4C. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, wali kelas, serta
guru mata pelajaran untuk memahami praktik literasi yang diterapkan dan
tantangan yang dihadapi. Observasi dilaksanakan untuk menilai implementasi
kegiatan literasi dan dampaknya terhadap keterampilan 4C siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kegiatan literasi SD Negeri 066056 Medan Denai, seperti
membaca bersama, berdiskusi, dan menulis, telah memberikan kontribusi positif
terhadap siswa. Namun, penerapan berpikir kritis masih belum merata diantara
siswa, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan membaca. Tantangan utama
yang dihadapi termasuk kurangnya minat membaca dan kesulitan dalam membaca.
Untuk meningaktkan efektivitas budaya literasi dalam pengembangan keterampilan
4C, disarankan untuk menyediakan bahan bacaan yang lebih variatif dan relevan
dengan minat siswa, menggunakan media pembelajaran yang lebih sesuai dan
inovatif, seperti buku cerita, video edukatif dan komik, dapat membantu
mendukung keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Penelitian ini
memberikan wawasan penting mengenai pentingnya budaya literasi dalam
meningkatkan keterampilan 4C kelas V SD Negeri 066056 Medan Denai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Budaya Literasi, Keterampilan 4C
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:48
Last Modified: 01 Jul 2025 06:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61048

Actions (login required)

View Item
View Item