SAFITRI, MUTIARA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD N 060907 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311127_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Cover.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 1203311127_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (652kB)
![[thumbnail of 1203311127_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Abstrak.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 1203311127_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Kata_Pengantar.pdf
Download (401kB)
![[thumbnail of 1203311127_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
![[thumbnail of 1203311127_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Daftar_Gambar.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 1203311127_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 1203311127_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Daftar_Lampiran.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 1203311127_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_BAB_I.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of 1203311127_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_BAB_V.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 1203311127_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311127_Daftar_Pustaka.pdf
Download (181kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 060907 Medan pada tahun ajaran 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran IPAS, pada observasi awal yang dilakukan terlihat aktivitas guru pada saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang kurang memperhatikan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang menyebabkan sebagian siswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan belajar, pembelajaran IPAS yang berlangsung masih dengan sistem pembelajaran konvensional kental dengan suasana pembelajaran yang dianggap kurang sesuai dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Populasi penelitian ini terdiri dari 38 siswa yang terdiri dari 18 siswa kelas IV-A dan 20 siswa kelas IV-B. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimental Design. Data dikumpulkan melalui lembar tes pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data siswa diperoleh nilai rata-rata dari pretest adalah 44, sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 74. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan kriteria �ℎ����� > ������ yaitu (5,558 > 1,688). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima dan membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 060907 Medan. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:49 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61041 |