PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POP UP BOOK MELALUI CASE METHOD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 064037

Oktavi, Mita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POP UP BOOK MELALUI CASE METHOD PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD NEGERI 064037. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111168_Cover.pdf] Text
1203111168_Cover.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of 1203111168_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111168_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of 1203111168_Abstrak.pdf] Text
1203111168_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 1203111168_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111168_Daftar_Isi.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1203111168_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111168_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1203111168_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111168_Daftar_Tabel.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1203111168_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111168_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1203111168_BAB_I.pdf] Text
1203111168_BAB_I.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 1203111168_BAB_V.pdf] Text
1203111168_BAB_V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1203111168_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111168_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran e-pop up book melalui case method pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Bangga Sebagai Bangsa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdri dari 4 tahap yakni, define, design, development, dan disseminate. Subjek penelitian ini sebanyak 27 orang dan merupakan siswa kelas IV SD Negeri 064037 Medan Tembung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta tes dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian validasi oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak, penilaian validasi oleh ahli media menunjukkan persentase sebesar 89,23% dengan kategori sangat layak dan penilaian validasi oleh ahli praktisi menunjukkan persentase sebesar 91,07% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas media dilihat dari hasil belajar siswa melalui pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain Score dan menunjukkan persentase sebesar 57,88% dengan kategori Efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajran e-pop book melalui casae method pada materi Bangga Sebagai Bangsa Indonesia sangat layak sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, E-Pop Up Book, Case Method
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:52
Last Modified: 01 Jul 2025 06:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61035

Actions (login required)

View Item
View Item