Fenomena Thrift Shopping Sebagai Perilaku Berbelanja Pakaian Bekas Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Medan Fakultas Ilmu Sosial

Hutapea, Lolita (2024) Fenomena Thrift Shopping Sebagai Perilaku Berbelanja Pakaian Bekas Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Medan Fakultas Ilmu Sosial. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3192422019_Cover.pdf] Text
3192422019_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 3192422019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3192422019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 3192422019_Abstrak.pdf] Text
3192422019_Abstrak.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 3192422019_Kata_Pengantar.pdf] Text
3192422019_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 3192422019_Daftar_Gambar.pdf] Text
3192422019_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 3192422019_Daftar_Tabel.pdf] Text
3192422019_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 3192422019_Daftar_Isi.pdf] Text
3192422019_Daftar_Isi.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 3192422019_BAB_I.pdf] Text
3192422019_BAB_I.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 3192422019_BAB_II.pdf] Text
3192422019_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[thumbnail of 3192422019_BAB_III.pdf] Text
3192422019_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of 3192422019_BAB_IV.pdf] Text
3192422019_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3192422019_BAB_V.pdf] Text
3192422019_BAB_V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 3192422019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3192422019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 3192422019_Lampiran.pdf] Text
3192422019_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang fenomena berbelanja Thrift Shopping dikalangan mahasiswa, mengungkapkan bagaimana motivasi mereka dan juga memaparkan faktor-faktor mahasiswa melakukan Thrift Shopping kemudian menjelaskan prefensi mahasiswa pada saat berbelanja. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan cara observasi langsung dandi media sosial penyedia layanan thrif shopping, wawancara yang dilakukan secara langsung kepada informan untuk menggali bagaimana perilaku mereka pada saat melakukan kegiatan thrift shopping dan dilengkapi dengan dokumentasi dengan 7 informan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan berbelanja Thrift shopping dipilih mahasiswa karna dianggap dapat membantu mereka dalam hal mengelola uang dan dengan berbelanja thrift shopping dianggap mampu membuat kepuasan emosional pada saat proes berbelanja. Berbelanja thrif shopping ini juga dapat di akibatkan oleh lingkungan seperti keluarga dan juga pertemanan, dari lingkungan rumah yang sering melakukan thrift shopping bersama seperti ibu dan kakak membuat perilaku ini timbul juga di lingkungan baru. Lingkungan pertemanan juga membentuk sebuah perilaku yakni teman yang suka berbelanja dan mengikuti perkembangan fashion membuat seseorang ikut serta agar tidak dianggap ketinggalan dan juga perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor dimana banyak sekali media sosial yang menyediakan barang thrift dengan kemasan yang lebih menarik sehingga semakin meningkat standar dalam berbelanja thrift shopping. Prefensi dalam berbelanja mahasiswa terlihat juga dalam hal melihat kualitas produk dari segi warna, ketebalan dan model pakaian yag ditemukan selanjutnya dalam pemilihan sasaran tempat bebelanja teihat dari pengalaman teman dan pajangan toko yang terlihat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Thrift shopping, preferensi, Faktor berbelanja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV590 Ecclesiastical theology > BV1620 Social life, recreation, etc., in the church
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:30
Last Modified: 10 Jul 2025 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61024

Actions (login required)

View Item
View Item