PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

MANURUNG, MIFTAHUL JANNAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311091_Cover.pdf] Text
1203311091_Cover.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1203311091_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311091_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311091_Abstrak.pdf] Text
1203311091_Abstrak.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 1203311091_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311091_Kata_Pengantar.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 1203311091_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311091_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1203311091_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311091_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1203311091_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311091_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1203311091_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311091_Daftar_Lampiran.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1203311091_BAB_I.pdf] Text
1203311091_BAB_I.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of 1203311091_BAB_V.pdf] Text
1203311091_BAB_V.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1203311091_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311091_Daftar_Pustaka.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SD negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Experiment desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan 2 kelompok ekperimen dan kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling dengan subjek peserta didik kelas IV SD negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah total 40 peserta didik. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 17.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Lectora Inspire berpengaruh dan memiliki peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SD negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan melalui rata-rata nilai pretest kelompok kontrol sebesar 40,5 dan kelompok eksperimen sebesar 46,5 kemudian setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar 70,5 dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 60. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test memperoleh nilai signifikasi 0,000 0,05. Dan untuk uji independent samplr t-test memperoleg nilai signifikasi 0,020 0,05 dan nilai 2,430 2,024. Sehingga kesimpulan dari kedua uji hipotesis tersebut adalah diterima dan ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Media Interaktif, Lectora Inspire
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:54
Last Modified: 01 Jul 2025 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61020

Actions (login required)

View Item
View Item