Lubis, Cici Salma Srinomba (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN PUZZLE DI PAUD GLORIA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah Bermain puzzle yang dilakukan di PAUD Gloria Medan hanya sebagai sudut pengaman, pada kegiatan tambahan. Sedikitnya jumlah media yang dapat menstimulasi perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dengan jumlah anak didik. tuntutan orangtua agar anaknya bisa segera membaca, menulis dan berhitung. Metode pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di PAUD Gloria Medan T.A 2015/2016. Subjek penelitian adalah anak kelas B, berjumlah 16 orang. Proses penelitian melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I, 1 orang anak memperoleh kriteria baik (6,25%), kriteria cukup, 15 orang anak (93,75%). Pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 56,77%, hanya 6 orang (37,5%) yang kecerdasan visual-spasialnya baik, 10 orang (62,5%) kecerdasan visual-spasial cukup. Pada siklus II pertemuan I perkembangan kecerdasan visual-spasial sangat baik, 3 orang (18,75%), perkembangan kecerdasan visual-spasial baik, 10 orang (62,50%), kriteria cukup 3 orang (18,75%), meningkat dari siklus I. Siklus II pertemuan II perkembangan visual-spasial anak semakin meningkat, 10 orang anak (62,50 %) perkembangan visual-spasialnya sangat baik, 6 orang anak (37,50%) berkembang dengan baik.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa kegiatan bermain puzzle pada pembelajaran dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia 5-6 tahun di PAUD Gloria Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 018 |
Keywords: | Kecerdasan Visual-Spasial;Bermain Puzzle;Visual-spasial Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:32 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6100 |