SITEPU, MELINIYA BR (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI RENDERFOREST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI KELAS IV SD NEGERI 048232 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1183311028_Cover.pdf
Download (146kB)
1183311028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (290kB)
1183311028_Abstrak.pdf
Download (234kB)
1183311028_Kata_Pengantar.pdf
Download (317kB)
1183311028_Daftar_Isi.pdf
Download (206kB)
1183311028_Daftar_Tabel.pdf
Download (182kB)
1183311028_Daftar_Gambar.pdf
Download (134kB)
1183311028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (138kB)
1183311028_BAB_I.pdf
Download (325kB)
1183311028_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (775kB)
1183311028_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (900kB)
1183311028_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (511kB)
1183311028_BAB_V.pdf
Download (245kB)
1183311028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (230kB)
1183311028_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui atau melihat Pengaruh
Penggunaan Media Animasi Renderforest Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya Di Kelas IV SD Negeri 048232 Kabanjahe”.
Penelitian ini menggunakan jernis penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis
penelitian Quasi Experiment. Sampel penelitian ini adalah 51 siswa kelas IV SD
Negeri 048232 Kabanjahe. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan
data kuantitatif diperoleh dari tes pilihan berganda sebanyak 30 soal. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan media animasi renderforest
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari Nilai rata-rata
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran langsung dikelas IV SD Negeri 048232 sebesar 54,2, Standar
Deviasi Sebesar 6,55 dan Varians sebesar 43,02. Nilai tertinggi adalah 44 dan nilai
terendah adalah 19 kemudian ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa
pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan media animasi
dikelas V B SD 048232 Kabanjahe sebesar 78,46, Standar Deviasi sebesar 5,40,
dan Varians sebesar 34,97. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 87 dan nilai
terendah adalah 69. Hal ini diperkuat dari berdasarkan hasl uji t yang diperoleh.
Dimana nilai thitung > ttabel atau 3,149 > 1,701 sehingga Ha diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media Animasi Rendertforest
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Animasi Renderforest, Hasil Belajar, Materi Gaya |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:56 |
| Last Modified: | 15 Aug 2025 05:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60988 |
