Rahayu, Dwina (2016) PENGARUH BERMAIN KATA -KATA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI DUSUN I DESA LENGAU SEPRANG KEC. TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
16 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berbicara anak dalam mengungkapkan perasaan dan pemikirannya dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bermain kata - kata terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Dusun I Desa Lengau Seprang Kec. Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dilembaga Tk Pelangi berjumlah 24 anak, kelas eksperimen adalah kelas B2 berjumlah 12 anak dan kelas kontrol adalah B1 berjumlah 12 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah bermain kata - kata sedangkan variabel terikat adalah keterampilan berbicara. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai ada kelas eksperimen 41,083 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai terendah 34. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 28,083 dengan nilai tertinggi 27 dan nilai terendah 15. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara bermain kata - kata disbanding metode Tanya jawab terhadap keterampilan berbicara anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 13,31; nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel= 1,0717; α=0,05. Harga ttabel dengan nilai N=66 diperoleh 1,084. Sehingga diperoleh thitung > ttabel (13,31 > 1,0717). dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa: “ Ada pengaruh bermain kata – kata terhadap keterampilan berbicara anak usia 5 – 6 tahun di TK Pelangi dusun I desa lengau seprang kec.tanjung morawa tahun ajaran 2015/2016”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 011 |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Bermain; Metode Tanya Jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 02:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6095 |