Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Sparkol VideoScribe pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Medan

Sitorus, Juan Carlos (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Sparkol VideoScribe pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173121026_Cover.pdf] Text
4173121026_Cover.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4173121026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173121026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4173121026_Abstrak.pdf] Text
4173121026_Abstrak.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 4173121026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173121026_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4173121026_Daftar_Isi.pdf] Text
4173121026_Daftar_Isi.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4173121026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173121026_Daftar_Gambar.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4173121026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173121026_Daftar_Tabel.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 4173121026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173121026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4173121026_BAB_I.pdf] Text
4173121026_BAB_I.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 4173121026_BAB_V.pdf] Text
4173121026_BAB_V.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 4173121026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173121026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media pembelajaran Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran fisika yang valid dan memiliki dampak kelayakan, kepraktisan dan efektifitas. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran fisika yang valid dan memiliki dampak kelayakan, kepraktisan dan efektifitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan aplikasi Sparkol Videoscribe. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut (1) Analisis Kebutuhan, (2) Tahapan Desain, dan (3) Tahapan Pengembangan dan Implementasi. Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh ahli materi, ahli media. Kemenarikan media dinilai oleh guru dan siswa. Kevalidan materi memiliki nilai sebesar 97,2% dengan kategori sangat baik, kevalidan media sebesar 92,2% dengan kategori sangat baik. Kemenarikan oleh guru sebesar 96,4% dengan kategori sangat baik dan kemenarikan oleh siswa sebesar 94,5% dengan kategori sangat baik. Penelitian pengembangan ini telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 16 Medan. Efek potensial penggunaan media terlihat dari hasil belajar sebelum dan sesudah menggunaan media pembelajaran Sparkol Videoscribe dengan hasil rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 54,07% pada kelas eksperimen dengan kategori cukup baik. Hal ini menunjukan media pembelajaran menggunakan media video yang dikembangkan aplikasi Sparkol Videoscribe memiliki dampak kelayakan, kepraktisan dan efektifitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran; Media Pembelajaran Fisika; Aplikasi Sparkol Vidioscribe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 Mar 2025 01:59
Last Modified: 12 Mar 2025 01:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60947

Actions (login required)

View Item
View Item