Butar-Butar, Jessika Tania (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Liveworksheet pada Materi Gelombang Bunyi di SMAS Dharma Pancasila Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202421027_Cover.pdf
Download (147kB)
4202421027_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4202421027_Abstrak.pdf
Download (240kB)
4202421027_Kata_Pengantar.pdf
Download (495kB)
4202421027_Daftar_Isi.pdf
Download (145kB)
4202421027_Daftar_Gambar.pdf
Download (113kB)
4202421027_Daftar_Tabel.pdf
Download (171kB)
4202421027_Daftar_Lampiran.pdf
Download (199kB)
4202421027_BAB_I.pdf
Download (328kB)
4202421027_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (980kB)
4202421027_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (655kB)
4202421027_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
4202421027_BAB_V.pdf
Download (239kB)
4202421027_Daftar_Pustaka.pdf
Download (541kB)
4202421027_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran Sains Khususnya Fisika, Seringkali Menghadapi Tantangan Dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Abstrak Seperti Gelombang Bunyi. Model Pembelajaran Konvensional Cenderung Kurang Interaktif, Sehingga Berdampak Pada Rendahnya Partisipasi Dan Pemahaman Siswa. Untuk Mengatasi Permasalahan Ini, Dikembangkanlah E-LKPD Berbasis Discovery Learning Dengan Bantuan Liveworksheet. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Validitas, Kepraktisan Dan Efektivitas E-LKPD Berbasis Discovery Learning Yang Dikembangkan Untuk Digunakan Dalam Membantu Pembelajaran Fisika Sebagai Bahan Ajar. Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Dan Pengembangan Atau Research And Development (R&D). Populasi Penelitian Ini Terdiri Dari 2 Kelas Yaitu Kelas XI SMAS Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel Penelitian Ini Terdiri Dari 10 Siswa Kelas XI IPA 2 SMAS Dharma Pancasila Dalam Uji Kelompok, Dalam Kelompok Besar 17 Siswa Kelas XI IPA 1. Instrumen Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Untuk Mengumpulkan Data Adalah Lembar Validasi, Angket, Dan Tes Hasil Belajar. E-LKPD Berbasis Discovery Learning Dengan Liveworksheet Menunjukkan Hasil Yang Sangat Valid 94,59% Berdasarkan Validasi Ahli, Sangat Praktis 88,34% Dari Uji Kepraktisan, Dan Sangat Efektif Dengan Ketuntasan Belajar 88,23% Serta Rata-Rata Nilai 83,58. Kesimpulannya, Pengembangan E-LKPD Ini Berhasil Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-Klpd, Discovery Learning; Liveworksheet; Gelombang Bunyi. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
| Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:54 |
| Last Modified: | 13 Jun 2025 04:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60940 |
