Bancin, Marke Karina (2016) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP DI KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
06 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
11 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
12 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Masih kurangnya kemampuan kognitif yang dimiliki oleh anak didik, (2) Metode pembelajaran yang digunakan di PAUD tersebut hampir sama dari hari ke hari, (3) Masih terbatasnya pemahaman guru untuk menggunakan suatu metode yang dapat merangsang dan mengembangkan kemmapuan kognitif anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui metode mind map.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD JASMINE Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 20 anak, dengan jumlah anak perempuan sebanyak 10 orang dan jumlah anak laki-laki sebanyak 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui metode mind map. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan kognitif anak dan lembar kerja anak.
Hasil dari penilaian kemampuan kognitif anak siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata skor sebesar 23,88% (kurang) dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 31,66% (cukup). Pada siklus II dilakukan penelitian dengan tetap menggunakan metode mind map, namun dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I, dimana pada siklus II peneliti melakukan pendekatan individual atau dengan mengikutsertakan anak dalam membuat mind mapnya di papan tulis secara bergantian, sehingga anak akan lebih mampu berekspresi dan berkreasi sesuai dengan apa yang ada di dalam imajinasi anak. Hasil dari penilaian mengembangkan kemampuan kognitif belajar anak siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata skor sebesar 60,54% (baik) dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 77,77% (sangat baik).
Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa kemampuan kognitif anak pada siklus I rata-ratanya adalah 2,15 (23,88%) atau termasuk kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 7,00 (77,77%) atau termasuk kategori sangat baik, dengan peningkatan sebesar 0,16 (16,88%). Dari hasil penelitian yang diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 020 |
Keywords: | Pengembangan kognitif ;2.1.2 Mind Map |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:55 |
Last Modified: | 15 Jul 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6094 |