UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP DI KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN TAHUN AJARAN 2015-2016

Bancin, Marke Karina (2016) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP DI KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN TAHUN AJARAN 2015-2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 06 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
06 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 07 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
07 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 11 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 12 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Masih kurangnya kemampuan kognitif yang dimiliki oleh anak didik, (2) Metode pembelajaran yang digunakan di PAUD tersebut hampir sama dari hari ke hari, (3) Masih terbatasnya pemahaman guru untuk menggunakan suatu metode yang dapat merangsang dan mengembangkan kemmapuan kognitif anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui metode mind map.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di PAUD JASMINE Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 20 anak, dengan jumlah anak perempuan sebanyak 10 orang dan jumlah anak laki-laki sebanyak 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui metode mind map. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan kognitif anak dan lembar kerja anak.
Hasil dari penilaian kemampuan kognitif anak siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata skor sebesar 23,88% (kurang) dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 31,66% (cukup). Pada siklus II dilakukan penelitian dengan tetap menggunakan metode mind map, namun dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I, dimana pada siklus II peneliti melakukan pendekatan individual atau dengan mengikutsertakan anak dalam membuat mind mapnya di papan tulis secara bergantian, sehingga anak akan lebih mampu berekspresi dan berkreasi sesuai dengan apa yang ada di dalam imajinasi anak. Hasil dari penilaian mengembangkan kemampuan kognitif belajar anak siklus II pertemuan I diperoleh rata-rata skor sebesar 60,54% (baik) dan pada pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 77,77% (sangat baik).
Dari penelitian yang dilakukan pada siklus I dan siklus II diperoleh bahwa kemampuan kognitif anak pada siklus I rata-ratanya adalah 2,15 (23,88%) atau termasuk kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi 7,00 (77,77%) atau termasuk kategori sangat baik, dengan peningkatan sebesar 0,16 (16,88%). Dari hasil penelitian yang diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 020
Keywords: Pengembangan kognitif ;2.1.2 Mind Map
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:55
Last Modified: 15 Jul 2016 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item
View Item