PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 104254 SIDODADI RAMUNIA

MELINDA, MEGA (2024) PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 104254 SIDODADI RAMUNIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111089_Cover.pdf] Text
1203111089_Cover.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 1203111089_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111089_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111089_Abstrak.pdf] Text
1203111089_Abstrak.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 1203111089_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111089_Kata_Pengantar.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1203111089_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111089_Daftar_Isi.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 1203111089_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111089_Daftar_Gambar.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1203111089_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111089_Daftar_Tabel.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1203111089_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111089_Daftar_Lampiran.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 1203111089_BAB_I.pdf] Text
1203111089_BAB_I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 1203111089_BAB_V.pdf] Text
1203111089_BAB_V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203111089_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111089_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV dengan penerapan kegiatan ice breaking di SDN 104254 Sidodadi Ramunia pada tahun ajaran 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat motivasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dilihat pada saat observasi yang dilakukan diantaranya banyak siswa yang kurang antusias menjawab pertanyaan, mudah menyerah ketika menyelesaikan tugas, siswa mengantuk ketika mulai belajar, dan siswa sering berbicara dengan teman saat belajar. Penerapan kegiatan ice breaking membantu guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan di SDN 104254 Sidodadi Ramunia menggunakan metode penelitian Pre-Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dengan jumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan kegiatan ice breaking pada saat pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar angket pretest posttest. Analisis data meliputi perhitungan skor/nilai individu. Berdasarkan analisis data dari jumlah 31 siswa diperoleh hasil rata-rata pretest yang diperoleh yaitu 58. Sementara itu, rata-rata nilai posttest yang diperoleh yaitu 82,3. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan ice breaking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbukti dari rata-rata tingkat motivasi belajar pada pretest yaitu 58 meningkat pada posttest menjadi 82,3. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan ice breaking dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Ice Breaking, Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:57
Last Modified: 01 Jul 2025 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60929

Actions (login required)

View Item
View Item