PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 1 SUBTEMA 3 LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA KELAS V UPT SD NEGERI 067097 KEC. MEDAN BARAT T.A 2023/2024

SABRINA, MAYSAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 1 SUBTEMA 3 LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA KELAS V UPT SD NEGERI 067097 KEC. MEDAN BARAT T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311124_Cover.pdf] Text
1203311124_Cover.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203311124_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311124_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1203311124_Abstrak.pdf] Text
1203311124_Abstrak.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 1203311124_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311124_Kata_Pengantar.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 1203311124_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311124_Daftar_Isi.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 1203311124_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311124_Daftar_Gambar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1203311124_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311124_Daftar_Tabel.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1203311124_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311124_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1203311124_BAB_I.pdf] Text
1203311124_BAB_I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 1203311124_BAB_V.pdf] Text
1203311124_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203311124_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311124_Daftar_Pustaka.pdf

Download (196kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Kelas V UPT SD Negeri 067097 Kec. Medan Barat T.A 2023/2024.Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) memberikan dampak positif bagi siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata awal yaitu 59,33 setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menjadi 76,33. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan uji-t dengan tara signifikan 0,05 yang kemudian akan dibandingkan antara �ℎ����� dengan ������. Apabila �ℎ����� < ������ �� diterima, sedangkan jika �ℎ����� > ������ �� diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh �ℎ����� > ������ yaitu 2,5792 > 2,0484. Sehingga dapat disimpulkan bahwa �� ditolak dan �� diterima yang berarti hipotesis diterima. Maka hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 1 Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Kelas V UPT SD Negeri 067097 Kecamatan Medan Barat T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar siswa, Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:57
Last Modified: 01 Jul 2025 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60926

Actions (login required)

View Item
View Item