ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 066654 MEDAN T.A 2023/2024

SINAGA, MAWAR (2024) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 066654 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1182111050_Cover.pdf] Text
1182111050_Cover.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1182111050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1182111050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (880kB)
[thumbnail of 1182111050_Abstrak.pdf] Text
1182111050_Abstrak.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 1182111050_Kata_Pengantar.pdf] Text
1182111050_Kata_Pengantar.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 1182111050_Daftar_Isi.pdf] Text
1182111050_Daftar_Isi.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1182111050_Daftar_Tabel.pdf] Text
1182111050_Daftar_Tabel.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1182111050_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1182111050_Daftar_Lampiran.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1182111050_BAB_I.pdf] Text
1182111050_BAB_I.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 1182111050_BAB_V.pdf] Text
1182111050_BAB_V.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1182111050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1182111050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilakuakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar Negeri 066654 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 066654 Medan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yang dijadikan sebagai informan adalah guru-guru yang ada di SD Negeri 066654 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada tiga instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian yag diperoleh peneliti yaitu kompetensi pedagogik dalam kategori baik sekali yaitu kompetensi menguasai karakteristik peserta didik dan kompetensi pengembangan kurikulum. Kompetensi dalam kategori baik yaitu kompetensi menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik dan kompetensi kegiatan pembelajaran yang mendidik. Dan kompetensi dalam kategori cukup baik adalah kompetensi pengemabangan potensi peserta didik dan kompetensi penilaian dan evaluasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Negeri 066654 Medan sudah dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian ini dilakuakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar Negeri 066654 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 066654 Medan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yang dijadikan sebagai informan adalah guru-guru yang ada di SD Negeri 066654 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada tiga instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yakni reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian yag diperoleh peneliti yaitu kompetensi pedagogik dalam kategori baik sekali yaitu kompetensi menguasai karakteristik peserta didik dan kompetensi pengembangan kurikulum. Kompetensi dalam kategori baik yaitu kompetensi menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik dan kompetensi kegiatan pembelajaran yang mendidik. Dan kompetensi dalam kategori cukup baik adalah kompetensi pengemabangan potensi peserta didik dan kompetensi penilaian dan evaluasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di Sekolah Dasar Negeri 066654 Medan sudah dalam kategori baik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:58
Last Modified: 01 Jul 2025 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60923

Actions (login required)

View Item
View Item