Situmorang, Jenni J. (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan PhET terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Parbuluan pada Materi Suhu dan Kalor. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203121074_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Cover.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 4203121074_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (514kB)
![[thumbnail of 4203121074_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Abstrak.pdf
Download (299kB)
![[thumbnail of 4203121074_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Kata_Pengantar.pdf
Download (425kB)
![[thumbnail of 4203121074_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Daftar_Isi.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 4203121074_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Daftar_Gambar.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 4203121074_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
![[thumbnail of 4203121074_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Daftar_Lampiran.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 4203121074_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_BAB_I.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of 4203121074_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_BAB_V.pdf
Download (451kB)
![[thumbnail of 4203121074_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121074_Daftar_Pustaka.pdf
Download (582kB)
Abstract
Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Parbuluanmasih Menerapkan Model Pembelajaran Konvensional Yaitu Dengan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Khususnya Pada Mata Pelajaran Fisika Yang Mengakibatkan Siswa Merasa Jenuh Dalam Menerima Pembelajaran Sehinggaakan Berdampak Pada Hasil Belajar Siswa. Dalam Mengatasi Hal Ini Diperlukan Suatu Inovasidalam Kegiatan Pembelajaransalah Satunya Dengan Menerapkan Model Problem Based Learningberbantuan Phet.Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruhmodel Problem Based Learningberbantuan Phet Terhadaphasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jenis Penelitian Ini Adalah Quasi Experiment Designdengan Desain Yaitu Pretets-Posttestcontrol Group Designdengan Teknik Pengambilan Sample Yang Digunakan Pada Penelitian Ini Ialahcluster Randomsampling, Yang Berdiri Dari Kelas Eksperimen Dan Kelas Kontrol Dengan Masing-Masing Kelas Terdiri Dari36siswa. Subjek Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Ialah Kelas XI-1 Sampai XI-4. Instrumen Yang Digunakan Berupa Tes Belajar Dalam Bentuk Pilihan Berganda Sebanyak 15 Soalyang Sudah Divalidasi. Data Yang Diperoleh Dari Tes Yaitu Pretestdan Posttestakan Diuji Normalitas Dan Homogenitasnya. Uji Normalitas Diuji Menggunakanuji Liliforsdan Homogenitasdiujimenggunakanuji Fisher. Berdasarkan Hasil Penelitian Diperoleh Nilai Rata-Rata Pretestpada Kelas Eksperimen Adalah 30,525 Dan Nilai Rata-Rata Pretestkelas Kontrol Adalah 29,778. Setelah Dilakukan Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas, Data Nilai Pretestdarikedua Kelas Dinyatakanberdistribusi Normal Dan Homogen. Melalui Pengujian Statistik Diperolehhasil Bahwa Kemampuan Awal Kedua Kelas Adalah Setara.Kemudian Dilakukan Perlakuan Berbeda,Kelas Eksperimen Dengan Model Problem Based Learningberbantuan Phet Dan Kelas Kontrol Dengan Pembelajaran Konvensional. Diperoleh Nilai Rata-Rata Posttest Kelas Eksperimen 78,489 Dan Nilai Rata-Rata Posttest Kelas Kontrol 62,003. Hasil Uji T Satu Pihak Diperoleh Nilai Thitung> Ttabel= 7,607 > 1,666. Hasil Ini Menunjukkan Adanya Peningkatan Hasil Belajar Yang Signifikan Setelah Diberikan Perlakuan Kesimpulanpenelitian Ini Menunjukkan Bahwa Perlakuan Dengan Menerapkan Model Problem Based Leaningberbantuan Phet Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Secara Signifikan Dibandingkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Konvensionalpada Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Phet, Hasil Belajar, Suhu Dan Kalor. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 01:43 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60913 |