PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 101740 TANJUNG SELAMAT MEDAN TUNTUNGAN T.A. 2023/2024

AINI, LUTFIAH (2024) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 101740 TANJUNG SELAMAT MEDAN TUNTUNGAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111024_Cover.pdf] Text
1201111024_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 1201111024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 1201111024_Abstrak.pdf] Text
1201111024_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1201111024_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111024_Kata_Pengantar.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 1201111024_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111024_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1201111024_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111024_Daftar_Gambar.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1201111024_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111024_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1201111024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1201111024_BAB_I.pdf] Text
1201111024_BAB_I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 1201111024_BAB_V.pdf] Text
1201111024_BAB_V.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 1201111024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan
keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDN 101740 Tanjung Selamat
T.A 2023/2024. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V di SDN
101740 Tanjung Selamat T.A 2023/2024 yang berjumlah 50 orang. Sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability Sampling, khususnya jenis
sampel jenuh. Seluruh 50 siswa kelas V di SDN 101740 Tanjung Selamat
digunakan sebagai sampel jenuh dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto dengan
menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi sederhana untuk
menentukan pengaruh antara lingkungan keluarga dan prestasi belajar. Data
dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner (angket), observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji linieritas,
normalitas, homogenitas, regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi
dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27 dan Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan
bahwa lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar siswa kelas V di SDN 101740 Tanjung Selamat T.A. 2023/2024.
Setelah melakukan pengujian, hasil dari uji regresi diperoleh nilai b sebesar 73,361
dan nilai lingkungan keluarga sebesar 0,164. Maka di dapat persamaan regresinya
adalah Y = 73,361 + 0,164X. Dari persamaan regresi tersebut, dapat disimpulkan
bahwa jika nilai lingkungan keluarga adalah nol (0), maka prestasi belajar siswa
dapat mencapai 73,361. Setiap mengalami kenaikan satu pada lingkungan keluarga,
itu akan meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 0,164, maka koefisien regresi
memiliki nilai positif. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga yang
mendukung serta memperhatikan proses belajar anak akan berkontribusi positif
terhadap peningkatan prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:29
Last Modified: 02 Jul 2025 01:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60908

Actions (login required)

View Item
View Item