SIRAIT, LENNY SAFITRI (2024) PENGARUH MODEL WHOLE LANGUAGE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111096_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Cover.pdf
Download (120kB)
![[thumbnail of 1203111096_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (313kB)
![[thumbnail of 1203111096_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Abstrak.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 1203111096_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Kata_Pengantar.pdf
Download (284kB)
![[thumbnail of 1203111096_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1203111096_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Daftar_Gambar.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1203111096_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 1203111096_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Daftar_Lampiran.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of 1203111096_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_BAB_I.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of 1203111096_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_BAB_V.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 1203111096_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111096_Daftar_Pustaka.pdf
Download (351kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model whole language
terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia di
kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah T.A 2023/2024. Metode penelitian ini
adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi
experimental (experimental semu), bentuknya desain nonequivalent control group
design. Sampel penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 107400 Bandar
Khalipah yang berjumlah 38 siswa dengan kelas eksperimen kelas IV-A sebanyak
18 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari
25 soal. Teknik analisis data yang digunakan secara statistic melalui uji t-test yaitu
uji t untuk dua sampel independen (dependent sampel t-test). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model whole language berpengaruh terhadap peningkatan
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah.
Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 72,8 lebih kecil dari
nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 80,67. Selanjutnya hasil uji
hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 4,0181 > 2,0280 dengan taraf
signifikan 5% atau 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian secara statistik dinyatakan bahwa model Whole Language berpengaruh
secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman
bahasa Indonesia di kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah T.A. 2023/2024
dengan tingkat kepercayaan 95%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Whole Language, Kemampuan Membaca Pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60900 |