PENGARUH MODEL WHOLE LANGUAGE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A. 2023/2024

SIRAIT, LENNY SAFITRI (2024) PENGARUH MODEL WHOLE LANGUAGE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111096_Cover.pdf] Text
1203111096_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 1203111096_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111096_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 1203111096_Abstrak.pdf] Text
1203111096_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1203111096_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111096_Kata_Pengantar.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 1203111096_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111096_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203111096_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111096_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203111096_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111096_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1203111096_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111096_Daftar_Lampiran.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203111096_BAB_I.pdf] Text
1203111096_BAB_I.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 1203111096_BAB_V.pdf] Text
1203111096_BAB_V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 1203111096_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111096_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model whole language
terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia di
kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah T.A 2023/2024. Metode penelitian ini
adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi
experimental (experimental semu), bentuknya desain nonequivalent control group
design. Sampel penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 107400 Bandar
Khalipah yang berjumlah 38 siswa dengan kelas eksperimen kelas IV-A sebanyak
18 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang terdiri dari
25 soal. Teknik analisis data yang digunakan secara statistic melalui uji t-test yaitu
uji t untuk dua sampel independen (dependent sampel t-test). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model whole language berpengaruh terhadap peningkatan
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah.
Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 72,8 lebih kecil dari
nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 80,67. Selanjutnya hasil uji
hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 4,0181 > 2,0280 dengan taraf
signifikan 5% atau 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian secara statistik dinyatakan bahwa model Whole Language berpengaruh
secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman
bahasa Indonesia di kelas IV SDN 107400 Bandar Khalipah T.A. 2023/2024
dengan tingkat kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Whole Language, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:31
Last Modified: 02 Jul 2025 01:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60900

Actions (login required)

View Item
View Item