Harahap, Nur Husna Azizah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI PAUD SALSABILA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
02 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Kemampuan anak mengenali bentuk-bentuk dasar masih kurang, (2) Kemampuan anak membedakan bentuk-bentuk geometri masi rendah, (3) Kemampuan anak menghubungkan nama bentuk geometri dengan bentuk geometri masi rendah, (4) Kemampuan anak menggolongkan bentuk dalam suatu kelompok sesuai dengan bentuknya masi rendah, (5) Kemampuan anak mengenali bentuk-bentuk benda yang ada di lingkunganya sendiri masi rendah, (6) Media yang digunakan masi terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun dengan melalui permainan puzzle di PAUD Salsabila Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang dugunakan adalah observasi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabila Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar anak selama proses pembelajaran, berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik.
Peningkatan pengenalan geometri anak pada siklus I pertemuan 1 yang tergolong dalam kemampuan pengenalan geometri pada anak sangat baik 0 (0%) , anak yang tergolong baik 0 (0%) , anak yang tergolong cukup 15 (75%) , dan anak yang kurang 5 (25%). Hasil pengamatan pertemuan II, anak yang tergolong sangat baik 0 (0%) anak, yang tergolong baik 2 (10%) yang tergolong cukup 16 (80%), dan 2 (10%) orang anak kemampuan pengenalan geometri kurang.
Pada siklus II pertemuan I, Diperoleh nilai rata-rata anak 13,1% anak yang tergolong sangat baik 2 (10%) orang anak, anak yang tergolong baik 14 (70%) orang anak, 4 (20%) orang anak yang kemampuan pengenalan geometri cukup, dan 0 orang anak kemampuan pengenalan geometri kurang. Hasil pengamatan pertemuan II anak yang tergolong sangat baik 8 (40%) orang anak, tergolong baik 12 (60%) orang anak, 0 orang anak yang kemampuan pengenalan geometri cukup, dan 0 orang anak kemampuan pengenalan geometri kurang.Pada siklus I terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,35%, siklus II ini terjadi perkembangan yang signifikan sebesar 1,8 %.
Dengan demikian melalui permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun di PAUD Salsabila Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 019 |
Keywords: | PAUD; Gemetri; Permaian Puzzle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 08:32 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6086 |