Tarigan, Frisellya Feby Agatha (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMANSISWA MEDAN PADA MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173321020_Cover.pdf
Download (64kB)
4173321020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (828kB)
4173321020_Abstrak.pdf
Download (65kB)
4173321020_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
4173321020_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
4173321020_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
4173321020_Daftar_Tabel.pdf
Download (96kB)
4173321020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (39kB)
4173321020_BAB_I.pdf
Download (356kB)
4173321020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (423kB)
4173321020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
4173321020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (286kB)
4173321020_BAB_V.pdf
Download (84kB)
4173321020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (262kB)
4173321020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning terhadap hasil belajar fisika kelas x sma swasta taman siswa medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas x sma swasta taman siswa medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan model pengembangan sugiyono. Total sampling dengan mengambil seluruh siswa kelas x ipa1 (sebagai kelas eksperimen) yang berjumlah 22 orang dan kelas x ipa 2 (sebagai kelas kontrol) yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu instrumen untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas dengan menggunakan instrument tes. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari peneitian ini di peroleh nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan control dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan data berdistribusi normal dan homogen, dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 46,19 dan kelas control adalah 42,73 dan setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 78,85 dan kelas control adalah 71,81, maka ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok hukum newton
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Problem based learning; Hasil belajar; Berpikir kritis |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 09:06 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 09:06 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60850 |
