Purba, Eveline Novriyanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN BANTUAN PhET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI ENERGI DI SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203321003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Cover.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 4203321003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4203321003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Abstrak.pdf
Download (487kB)
![[thumbnail of 4203321003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Kata_Pengantar.pdf
Download (823kB)
![[thumbnail of 4203321003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Daftar_Isi.pdf
Download (393kB)
![[thumbnail of 4203321003_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Daftar_Gambar.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 4203321003_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Daftar_Tabel.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 4203321003_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (273kB)
![[thumbnail of 4203321003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_BAB_I.pdf
Download (561kB)
![[thumbnail of 4203321003_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (722kB)
![[thumbnail of 4203321003_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (823kB)
![[thumbnail of 4203321003_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (982kB)
![[thumbnail of 4203321003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_BAB_V.pdf
Download (586kB)
![[thumbnail of 4203321003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (615kB)
![[thumbnail of 4203321003_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Proses pembelajaran cenderung masih berpusat pada guru yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa. Penelitian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan PhET bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan energi di Kelas X SMAN 1 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pematang Siantar yang berjumlah 432 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X-3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian yaitu tes pilihan berganda berjumlah 15 soal yang sudah divalidasi, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan uji t dan effect size untuk melihat adanya pengaruh. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,92 dan kelas kontrol 40,18. Setelah itu dilakukan uji t dua pihak yang memperoleh hasil bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol menggunakan pengajaran langsung. Hasil postes yang diperoleh yaitu rata-rata postes kelas eksperimen 75,92 dan kelas kontrol 55,55. Data postes di uji t satu pihak dengan taraf signifikan 5 memperoleh � ��� �� � (9,42 > 1,994) yang menyatakan adanya perbedaan nilai rata-rata dari kedua kelas. Pengujian effect size menunjukkan hasil 8 maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan PhET mempunyai pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan energi terhadap siswa kelas X SMAN 1 Pematang Siantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri terbimbing; PhET simulation; Energi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 04:10 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60834 |