Sinaga, Erdina Sari (2024) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CANVA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203121029_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Cover.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 4203121029_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (317kB)
![[thumbnail of 4203121029_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Abstrak.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 4203121029_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Kata_Pengantar.pdf
Download (489kB)
![[thumbnail of 4203121029_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Daftar_Isi.pdf
Download (300kB)
![[thumbnail of 4203121029_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Daftar_Gambar.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 4203121029_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 4203121029_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 4203121029_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_BAB_I.pdf
Download (398kB)
![[thumbnail of 4203121029_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (595kB)
![[thumbnail of 4203121029_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (609kB)
![[thumbnail of 4203121029_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 4203121029_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_BAB_V.pdf
Download (245kB)
![[thumbnail of 4203121029_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of 4203121029_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203121029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dari proses pembelajaran. salah satu bentuk bahan ajar adalah modul. Dalam pelaksanaannya, bahan ajar fisika untuk fase F masih terbatas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan modul fisika berbasis Discovery Learning berbantuan Canva pada Materi Suhu dan Kalor di kelas XI SMA yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen wawancara, intrumen angket dan intrume tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini telah dihasilkan modul fisika berbasis Discovery Learning berbantuan Canva pada Materi Suhu dan Kalor di kelas XI SMA yang valid digunakan sebagai penambahan bahan ajar, ditinjau dari rata-rata validasi ahli materi dengan persentase 90%, rata-rata ahli media 90%. Rata-rata kepraktisan amgket respon siswa pada aspek tampilan modul mendapatkan tanggapan 91%, pada aspek penyajian modul mendapatkan tanggapan 85,60%, dan pada aspek komponen pembelajaran berbasis Discovery Learning mendapatkan tanggapan 84,30%. Berdasarkan beberapa aspek memperoleh rata-rata 86,9% dengan kategori sangat praktis. Respon guru fisika terhadap modul adalah 91,25% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata keefektifan didapatkan nilai N-gain pada kelas ekspeimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan masing-masing adalah 0,63 dan 0,49. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, penggunaan modul fisika berbasis Discovery Learning efektif digunakan sebagai bahan ajar pada Materi Suhu dan Kalor di kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul; Discovery learning; Suhu; Kalor; Canva; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 04:00 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60829 |