Munthe, Emil Salim (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202121010_Cover.pdf
Download (40kB)
4202121010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
4202121010_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4202121010_Kata_Pengantar.pdf
Download (79kB)
4202121010_Daftar_Isi.pdf
Download (287kB)
4202121010_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
4202121010_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
4202121010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
4202121010_BAB_I.pdf
Download (291kB)
4202121010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (598kB)
4202121010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (475kB)
4202121010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (322kB)
4202121010_BAB_V.pdf
Download (32kB)
4202121010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (202kB)
4202121010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefetifan E-modul fisika berbasis Inkuiri terbimbing pada materi fluida statis, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan E-modul fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi fluida statis. Penelitian ini merupakan penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan: studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner atau angket dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Teknik analisis data menggunakan analisis Kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan E-modul berbasis inkuiri terbimbing dari ahli materi dan ahli media secara berturut-turut sebesar 93.33% dan 90.00% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan E-modul Fisika berbasis inkuiri terbimbing oleh respon pengguna antara lain: dari pendidik dengan skor rata-rata 91.25% dengan kategori sangat praktis, siswa kelompok kecil dengan skor rata-rata 90.63% dan siswa kelompok terbatas dengan skor rata-rata 87.90% dengan kategori sangat praktis. Peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh melalui gain score dengan rata rata 0.71 pada kelompok kecil dan 0.73 pada kelas terbatas dengan kedua gain score berada pada kriteria tinggi. E-modul Fisika Berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid, sangat praktif dan sangat efektif. Penggunaan E-modul Fisika berbasis inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi fluida statis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-modul; Inkuiri terbimbing; Fluida statis; Hasil belajar |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:54 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 03:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60826 |
