LUTHFI, LAYALIN SOPHIA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM PELAKSANAAN ASESMEN FORMATIF PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK KELAS IV SDS IT YUNUS AL BANAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1201111048_Cover.pdf
Download (225kB)
1201111048_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (678kB)
1201111048_Abstrak.pdf
Download (287kB)
1201111048_Kata_Pengantar.pdf
Download (291kB)
1201111048_Daftar_Isi.pdf
Download (370kB)
1201111048_Daftar_Tabel.pdf
Download (239kB)
1201111048_Daftar_Gambar.pdf
Download (216kB)
1201111048_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
1201111048_BAB_I.pdf
Download (449kB)
1201111048_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (757kB)
1201111048_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (981kB)
1201111048_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1201111048_BAB_V.pdf
Download (279kB)
1201111048_Daftar_Pustaka.pdf
Download (292kB)
1201111048_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi kahoot efektif jika digunakan dalam pelaksanaan asesmen formatif pada mata pelajaran seni musik kelas IV SDS IT Yunus Al Banat T.A. 2023/2024. Adapun hipotesis yang diduga adalah ditemukan efektivitas penggunaan aplikasi kahoot terhadap pelaksanaan asesmen formatif pada mata pelajaran seni musik kelas IV SDS IT Yunus Al Banat T.A. 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Desain ini merupakan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Sampel penelitian ini menggunakan kelas IV SDS IT Yunus Al Banat yang berjumlah 21 siswa. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes (Pretest dan Posttest) serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data yang telah dilakukan, temukan bahwa rata-rata posttest (menggunakan aplikasi kahoot) sebesar 77,38 lebih besar dari nilai rata-rata pretest (sebelum diterapkan aplikasi kahoot) sebesar 59,52. Hasil pengisian angket efektivitas penggunaan aplikasi kahoot ditemukan persentase keefektifan sebesar 88,47% dengan kategori sangat baik. Adapun berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan t hitung sebesar 4, 035 dengan t tabel dk = n -2 =19 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.3687 . Dari kedua nilai tersebut dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel, dalam hal ini sebagaimana kaidah pengujian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot efektif digunakan dalam pelaksanaan asesmen formatif pada mata pelajaran seni musik kelas IV SDS IT Yunus Al Banat.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Aplikasi Kahoot, Asesmen Formatif |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:32 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 08:54 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60809 |
