PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA SWASTA AL-MASDAR

Witriana, Dina (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA SWASTA AL-MASDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202121008_Cover.pdf] Text
4202121008_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4202121008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202121008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of 4202121008_Abstrak.pdf] Text
4202121008_Abstrak.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4202121008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202121008_Kata_Pengantar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4202121008_Daftar_Isi.pdf] Text
4202121008_Daftar_Isi.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 4202121008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202121008_Daftar_Gambar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4202121008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202121008_Daftar_Tabel.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4202121008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202121008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4202121008_BAB_I.pdf] Text
4202121008_BAB_I.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 4202121008_BAB_II.pdf] Text
4202121008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[thumbnail of 4202121008_BAB_III.pdf] Text
4202121008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[thumbnail of 4202121008_BAB_IV.pdf] Text
4202121008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[thumbnail of 4202121008_BAB_V.pdf] Text
4202121008_BAB_V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4202121008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202121008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan modul terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Swasta Al-Masdar T.A 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model project based learning berbantuan modul yang terdiri atas 36 siswa dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yang terdiri atas 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 22 butir dengan 5 pilihan jawaban. Rata-rata pretest-posttest siswa kelas eksperimen 39,6 dan 83,1 sedangkan kelas kontrol yaitu 37,9 dan 76,7. Analisis data menggunakan uji-T dan uji N-gain. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan modul memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 73% dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol yaitu 63% dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project based learning; Modul; Hasil belajar; Momentum; Impuls
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:35
Last Modified: 23 Jun 2025 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60799

Actions (login required)

View Item
View Item