Witriana, Dina (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA SWASTA AL-MASDAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202121008_Cover.pdf
Download (64kB)
4202121008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (989kB)
4202121008_Abstrak.pdf
Download (70kB)
4202121008_Kata_Pengantar.pdf
Download (191kB)
4202121008_Daftar_Isi.pdf
Download (507kB)
4202121008_Daftar_Gambar.pdf
Download (172kB)
4202121008_Daftar_Tabel.pdf
Download (180kB)
4202121008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (178kB)
4202121008_BAB_I.pdf
Download (496kB)
4202121008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (425kB)
4202121008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (441kB)
4202121008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (668kB)
4202121008_BAB_V.pdf
Download (152kB)
4202121008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (318kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan modul terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Swasta Al-Masdar T.A 2023/2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model project based learning berbantuan modul yang terdiri atas 36 siswa dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yang terdiri atas 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 22 butir dengan 5 pilihan jawaban. Rata-rata pretest-posttest siswa kelas eksperimen 39,6 dan 83,1 sedangkan kelas kontrol yaitu 37,9 dan 76,7. Analisis data menggunakan uji-T dan uji N-gain. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan modul memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 73% dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol yaitu 63% dengan kategori sedang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Project based learning; Modul; Hasil belajar; Momentum; Impuls |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:35 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 08:35 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60799 |
