PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 026793 BINJAI

SIREGAR, KHOPIPAH INDAH (2024) PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 026793 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311090_Cover.pdf] Text
1203311090_Cover.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 1203311090_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311090_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of 1203311090_Abstrak.pdf] Text
1203311090_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1203311090_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311090_Kata_Pengantar.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1203311090_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311090_Daftar_Isi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 1203311090_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311090_Daftar_Gambar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1203311090_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311090_Daftar_Tabel.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1203311090_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311090_Daftar_Lampiran.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1203311090_BAB_I.pdf] Text
1203311090_BAB_I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 1203311090_BAB_V.pdf] Text
1203311090_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1203311090_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311090_Daftar_Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 026793 Binjai. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Desain berbentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 026793 yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini diambil menggunakan tekhnik sampling total yang terdiri dari kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan test hasil belajar sebanyak 20 butir soal IPAS Topik C Bagaimana Aku Tumbuh Besar yang berbentuk pilihan berganda. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 46,67 dan meningkat menjadi 83,54 saat diberikan post-test. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 47,08 dan meningkat menjadi 75,21 saat diberikan post-test. Tekhnik analisis data yaitu menggunakan uji hipotesis (uji t) menggunakan uji independent samples t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V materi Topik C Bagaimana Aku Tumbuh Besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Example Non Example, Hasil Belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:34
Last Modified: 02 Jul 2025 01:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60785

Actions (login required)

View Item
View Item