SIREGAR, KHOPIPAH INDAH (2024) PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 026793 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311090_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Cover.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of 1203311090_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (730kB)
![[thumbnail of 1203311090_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Abstrak.pdf
Download (242kB)
![[thumbnail of 1203311090_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Kata_Pengantar.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of 1203311090_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Daftar_Isi.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of 1203311090_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Daftar_Gambar.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 1203311090_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Daftar_Tabel.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 1203311090_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Daftar_Lampiran.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 1203311090_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_BAB_I.pdf
Download (386kB)
![[thumbnail of 1203311090_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_BAB_V.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 1203311090_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311090_Daftar_Pustaka.pdf
Download (232kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SDN 026793 Binjai. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Desain berbentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 026793 yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini diambil menggunakan tekhnik sampling total yang terdiri dari kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan test hasil belajar sebanyak 20 butir soal IPAS Topik C Bagaimana Aku Tumbuh Besar yang berbentuk pilihan berganda. Hasil penelitian memperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 46,67 dan meningkat menjadi 83,54 saat diberikan post-test. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 47,08 dan meningkat menjadi 75,21 saat diberikan post-test. Tekhnik analisis data yaitu menggunakan uji hipotesis (uji t) menggunakan uji independent samples t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V materi Topik C Bagaimana Aku Tumbuh Besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Example Non Example, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:34 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60785 |