Ramadhani, Diana (2024) PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SEVIMA EDLINK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MERBAU. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4181121005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Cover.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of 4181121005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (382kB)
![[thumbnail of 4181121005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Abstrak.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 4181121005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Kata_Pengantar.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 4181121005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Daftar_Isi.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 4181121005_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Daftar_Gambar.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of 4181121005_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Daftar_Tabel.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of 4181121005_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (149kB)
![[thumbnail of 4181121005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_BAB_I.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of 4181121005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
![[thumbnail of 4181121005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
![[thumbnail of 4181121005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
![[thumbnail of 4181121005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_BAB_V.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 4181121005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 4181121005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4181121005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning menggunakan sevima edlink terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Merbau.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X IPA SMA N 1 Merbau yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol dan X IPA 3 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 25,69 dan 28,05. Hasil uji t dua pihak data pretes diperoleh thitung < ttabel (1,58 < 2,003) maka H0 diterima, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes, diperoleh nilai postes dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 66,11 dan 79,71. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji t satu pihak, pada taraf signifikan 0,05 diperoleh bahwa thitung > ttabel (6,19 > 1,669), maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model blended learning menggunakan sevima edlink terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Merbau pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Blended learning; Sevima edlink; Usaha; Energi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:23 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60782 |