PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SEVIMA EDLINK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MERBAU

Ramadhani, Diana (2024) PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN SEVIMA EDLINK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MERBAU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181121005_Cover.pdf] Text
4181121005_Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4181121005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181121005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 4181121005_Abstrak.pdf] Text
4181121005_Abstrak.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4181121005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181121005_Kata_Pengantar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4181121005_Daftar_Isi.pdf] Text
4181121005_Daftar_Isi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4181121005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181121005_Daftar_Gambar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4181121005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181121005_Daftar_Tabel.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4181121005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181121005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4181121005_BAB_I.pdf] Text
4181121005_BAB_I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4181121005_BAB_II.pdf] Text
4181121005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[thumbnail of 4181121005_BAB_III.pdf] Text
4181121005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 4181121005_BAB_IV.pdf] Text
4181121005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of 4181121005_BAB_V.pdf] Text
4181121005_BAB_V.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4181121005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181121005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4181121005_Lampiran.pdf] Text
4181121005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning menggunakan sevima edlink terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Merbau.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X IPA SMA N 1 Merbau yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol dan X IPA 3 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasikan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 25,69 dan 28,05. Hasil uji t dua pihak data pretes diperoleh thitung < ttabel (1,58 < 2,003) maka H0 diterima, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes, diperoleh nilai postes dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 66,11 dan 79,71. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis uji t satu pihak, pada taraf signifikan 0,05 diperoleh bahwa thitung > ttabel (6,19 > 1,669), maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model blended learning menggunakan sevima edlink terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri 1 Merbau pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended learning; Sevima edlink; Usaha; Energi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:23
Last Modified: 23 Jun 2025 06:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60782

Actions (login required)

View Item
View Item