Silviana, Devi (2024) PERANCANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI FISIKA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4192421015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Cover.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 4192421015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 4192421015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Abstrak.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 4192421015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Kata_Pengantar.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of 4192421015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Daftar_Isi.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 4192421015_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Daftar_Gambar.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 4192421015_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Daftar_Tabel.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of 4192421015_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (227kB)
![[thumbnail of 4192421015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_BAB_I.pdf
Download (457kB)
![[thumbnail of 4192421015_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB)
![[thumbnail of 4192421015_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (591kB)
![[thumbnail of 4192421015_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (564kB)
![[thumbnail of 4192421015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_BAB_V.pdf
Download (229kB)
![[thumbnail of 4192421015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 4192421015_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4192421015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pada abad 21, kemajuan teknologi dan informasi menuntut individu untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) guna bersaing di era globalisasi. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi atas berbagai permasalahan kompleks. Namun, sistem evaluasi di sekolah masih dominan menggunakan instrumen tes yang berfokus pada keterampilan berpikir tingkat rendah (HOTS) yang hanya mengukur kemampuan menghafal dan memahami. Hal ini menghambat pengembangan keterampilan HOTS di kalangan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan instrumen tes berbasis HOTS untuk materi Fisika di tingkat SMA guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen tes berbasis HOTS yang valid dan reliabel untuk materi Fisika SMA, (2) menguji efektivitas instrumen tes berbasis HOTS pada peserta didik SMA untuk memastikan instrumen tersebut efektif penggunaannya. Proses pengembangan meliputi identifikasi kompetensi dasar yang terkait dengan HOTS, penyusunan butir soal yang sesuai dengan indikator HOTS, validasi instrumen oleh para ahli, serta uji coba instrumen di lapangan untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan yaitu: (1) menyediakan instrumen evaluasi yang dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Fisika, (2) mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Fisika di SMA dengan fokus pada pengembangan HOTS, (3) menjadi referensi bagi guru dalam menyusun evaluasi yang lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan abad 21, (4) mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah Fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Instrumen tes; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Problem solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:19 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60770 |