PERANCANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI FISIKA SMA

Silviana, Devi (2024) PERANCANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI FISIKA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192421015_Cover.pdf] Text
4192421015_Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4192421015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 4192421015_Abstrak.pdf] Text
4192421015_Abstrak.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4192421015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421015_Kata_Pengantar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4192421015_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421015_Daftar_Isi.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 4192421015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421015_Daftar_Gambar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4192421015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421015_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4192421015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4192421015_BAB_I.pdf] Text
4192421015_BAB_I.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 4192421015_BAB_II.pdf] Text
4192421015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[thumbnail of 4192421015_BAB_III.pdf] Text
4192421015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[thumbnail of 4192421015_BAB_IV.pdf] Text
4192421015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[thumbnail of 4192421015_BAB_V.pdf] Text
4192421015_BAB_V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4192421015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 4192421015_Lampiran.pdf] Text
4192421015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada abad 21, kemajuan teknologi dan informasi menuntut individu untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) guna bersaing di era globalisasi. Peserta didik diharapkan mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi atas berbagai permasalahan kompleks. Namun, sistem evaluasi di sekolah masih dominan menggunakan instrumen tes yang berfokus pada keterampilan berpikir tingkat rendah (HOTS) yang hanya mengukur kemampuan menghafal dan memahami. Hal ini menghambat pengembangan keterampilan HOTS di kalangan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan instrumen tes berbasis HOTS untuk materi Fisika di tingkat SMA guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan peserta didik dalam berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen tes berbasis HOTS yang valid dan reliabel untuk materi Fisika SMA, (2) menguji efektivitas instrumen tes berbasis HOTS pada peserta didik SMA untuk memastikan instrumen tersebut efektif penggunaannya. Proses pengembangan meliputi identifikasi kompetensi dasar yang terkait dengan HOTS, penyusunan butir soal yang sesuai dengan indikator HOTS, validasi instrumen oleh para ahli, serta uji coba instrumen di lapangan untuk mengukur validitas dan reliabilitasnya. Manfaat dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan yaitu: (1) menyediakan instrumen evaluasi yang dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Fisika, (2) mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Fisika di SMA dengan fokus pada pengembangan HOTS, (3) menjadi referensi bagi guru dalam menyusun evaluasi yang lebih efektif dan sesuai dengan tuntutan abad 21, (4) mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah Fisika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Instrumen tes; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:19
Last Modified: 23 Jun 2025 06:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60770

Actions (login required)

View Item
View Item