PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRITERBIMBING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

Sinaga, Dede Antonius Permana (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS INKUIRITERBIMBING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202421011_Cover.pdf] Text
4202421011_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4202421011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202421011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (490kB)
[thumbnail of 4202421011_Abstrak.pdf] Text
4202421011_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4202421011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202421011_Kata_Pengantar.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4202421011_Daftar_Isi.pdf] Text
4202421011_Daftar_Isi.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4202421011_Daftar_Gambar.pdf] Text
4202421011_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4202421011_Daftar_Tabel.pdf] Text
4202421011_Daftar_Tabel.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4202421011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4202421011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4202421011_BAB_I.pdf] Text
4202421011_BAB_I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 4202421011_BAB_II.pdf] Text
4202421011_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[thumbnail of 4202421011_BAB_III.pdf] Text
4202421011_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of 4202421011_BAB_IV.pdf] Text
4202421011_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[thumbnail of 4202421011_BAB_V.pdf] Text
4202421011_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4202421011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202421011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4202421011_Lampiran.pdf] Text
4202421011_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Penelitian menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian guru dan peserta didik. Analisis hasil belajar siswa dilihat dari hasil pengerjaan siswa terhadap E-LKPD yang diberikan. E-LKPD dikatakan efektif jika jumlah ketuntasan siswa lebih dari 75% serta rata-rata hasil belajar lebih besar dari KKM. Hasil validasi mendapatkan kriteria sangat valid dengan presentase 88,75%. Uji coba kelompok kecil yang telah dilakukan didapatkan persentase rata-rata kepraktisan 95% dan penilaian guru mendapatkan 86,75% dikatakan sangat praktis. Hasil penilaian siswa mendapatkan persen ketuntasan 83,33% dan nilai rata-rata 79,43. Hasil pengerjaan E-LKPD diperoleh 25 orang siswa tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas. Penggunaan E-LKPD dikatakan efektif karena jumlah ketuntasan siswa lebih dari 75% dan hasil belajar siswa lebih besar dari KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Inkuiri terbimbing; Usaha; Energi; Berpikir kritis; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:12
Last Modified: 23 Jun 2025 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60766

Actions (login required)

View Item
View Item