Manalu, Cindy Renika (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI KELAS XI A SMA KATOLIK CINTA KASIH TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203321010_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Cover.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 4203321010_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (508kB)
![[thumbnail of 4203321010_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Abstrak.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 4203321010_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Isi.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Gambar.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Tabel.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Isi.pdf
Download (261kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Gambar.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Tabel.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of 4203321010_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_BAB_I.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of 4203321010_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
![[thumbnail of 4203321010_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (337kB)
![[thumbnail of 4203321010_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
![[thumbnail of 4203321010_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_BAB_V.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of 4203321010_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of 4203321010_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203321010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan di era digitalisasi adalah pendidikan yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap mata pelajaran. Siswa dapat memperoleh pengetahuan dengan cepat dan mudah tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Tentunya di era digital saat ini sekolah sudah memaksimalkan bahan ajar yang sesuai dengan zaman. Bertujuan untuk menekankan pembelajaran peningkatan keterampilan berpikir siswa berbasis model Problem Based Learning pada materi kesetimbangan benda tegar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari Analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Populasi penelitian seluruh siswa kelas 11 SMA Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi. Sampel Penelitian kelas 11A yang berjumlah 38 siswa. Uji kelayakan kelompok kecil terdiri dari 10 siswa dan kelompok besar terdiri dari 28 siswa. Kedua sampel diterapkan dengan model yang sama. Teknik mengumpulkan data secara langsung melalui proses validasi. E-LKPD yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media, guru bidang studi. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrumen validasi untuk uji kelayakan. Analisis data untuk mengetahui kelayakan dari para ahli dan respon guru dapat dilihat dari angket dan akan diperoleh data bentuk skala likert berupa daftar checklist. Uji keefektifan dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa dengan memberikan 8 soal esai yang sudah divalidasi. Data dianalisis menggunakan Uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada kelompok kecil 0,71 dan kelompok besar 0,81. Hasil analisis data menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis model PBL meningkatkan hasil belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kesetimbangan benda tegar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesetimbangan benda tegar; Problem based learning; Dinamika rotasi; Bahan ajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 05:55 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60740 |