SYAHPUTRA, IRFAN (2024) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENURUT TEORI POLYA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202411020_Cover.pdf
Download (223kB)
1202411020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (382kB)
1202411020_Abstrak.pdf
Download (265kB)
1202411020_Kata_Pengantar.pdf
Download (226kB)
1202411020_Daftar_Isi.pdf
Download (214kB)
1202411020_Daftar_Tabel.pdf
Download (221kB)
1202411020_Daftar_Gambar.pdf
Download (220kB)
1202411020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (220kB)
1202411020_BAB_I.pdf
Download (468kB)
1202411020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (877kB)
1202411020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (836kB)
1202411020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202411020_BAB_V.pdf
Download (314kB)
1202411020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (343kB)
1202411020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Soal cerita matematika merupakan jenis soal yang dibuat dalam bentuk narasi
dengan konsep yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari untuk menarik
perhatian siswa berpikir lebih edukatif dan meningkatkan pemahaman siswa pada
suatu konsep matematika. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
dapat dianalisis berdasarkan teori Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi
pecahan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 1042012
Bandar Setia yang berjumlah 22 orang. Analisis kemampuan dilakukan dengan
menggunakan teori Polya. Teori Polya memuat 4 tahapan sistematis dalam
menyelesaikan soal cerita matematika. 4 tahapan tersebut meliputi: memahami
masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, melihat
Kembali. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes
berjumlah 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa
pada setiap tahapan polya yaitu: tahapan memahami masalah sebesar 74,69%,
tahapan merencanakan penyelesaian sebesar 57,87%, tahapan melaksanakan
penyelesaian sebesar 50%, dan tahapan melihat Kembali sebesar 47,87%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Siswa, Soal Cerita, Teori Polya, Pecahan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 02 Jul 2025 03:44 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 04:58 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60708 |
