ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENURUT TEORI POLYA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA T.A. 2023/2024

SYAHPUTRA, IRFAN (2024) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENURUT TEORI POLYA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202411020_Cover.pdf] Text
1202411020_Cover.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1202411020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202411020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 1202411020_Abstrak.pdf] Text
1202411020_Abstrak.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1202411020_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202411020_Kata_Pengantar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 1202411020_Daftar_Isi.pdf] Text
1202411020_Daftar_Isi.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1202411020_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202411020_Daftar_Gambar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1202411020_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202411020_Daftar_Tabel.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1202411020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202411020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1202411020_BAB_I.pdf] Text
1202411020_BAB_I.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 1202411020_BAB_V.pdf] Text
1202411020_BAB_V.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 1202411020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202411020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (343kB)

Abstract

Soal cerita matematika merupakan jenis soal yang dibuat dalam bentuk narasi
dengan konsep yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari untuk menarik
perhatian siswa berpikir lebih edukatif dan meningkatkan pemahaman siswa pada
suatu konsep matematika. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita
dapat dianalisis berdasarkan teori Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi
pecahan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 1042012
Bandar Setia yang berjumlah 22 orang. Analisis kemampuan dilakukan dengan
menggunakan teori Polya. Teori Polya memuat 4 tahapan sistematis dalam
menyelesaikan soal cerita matematika. 4 tahapan tersebut meliputi: memahami
masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, melihat
Kembali. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes
berjumlah 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa
pada setiap tahapan polya yaitu: tahapan memahami masalah sebesar 74,69%,
tahapan merencanakan penyelesaian sebesar 57,87%, tahapan melaksanakan
penyelesaian sebesar 50%, dan tahapan melihat Kembali sebesar 47,87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Siswa, Soal Cerita, Teori Polya, Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:44
Last Modified: 02 Jul 2025 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60708

Actions (login required)

View Item
View Item