Cibro, Amentina (2016) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DENGAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD SKB KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 (1113371001)_COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2 (1113371001)_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
3 (1113371001)_ ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 (1113371001)_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5 (1113371001)_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6 (1113371001)_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 (1113371001)_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 (1113371001)_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9 (1113371001)_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
13 (1113371001)_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14 (1113371001)_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) kesalahan cara mendidik anak, (2) kekerasaan terhadap anak-anak, (3) kritik yang berlebihan, (4) anak terabaikan, (5) pengaruh lingkungan yang tidak mendukung, (6) penampilan fisik anak yaitu adanya bentuk tubuh yang tidak normal, (7) kurang menerapkan kompetensi-kompetensi yang telah dimilikinya khususnya kompetensi pedagogik dalam proses mengajar. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui seberapa besar rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun, (2) untuk mengetahui seberapa besar penerapan kompetensi yang dilakukan tutor terhadap anak usia 4-5 tahun, (3) untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi tutor dengan rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun.
Menurut (Aprianti, 2013:20) bahwa rasa percaya diri adalah keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan membuat kemampuan untuk mencapai berbagai tujuan hidup. Menurut (Usman, (1994:1) kompetensi adalah suatu hal yang menggambarkan kualifikasi atau kemampuan seseorang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Dengan menggunakan rumus kolerasi product moment dan uji t.
Hasi penelitian menunjukkan rhitung > rtabel yaitu 8,976>0,279 dan berdasarkan hasil pengujian uji t diperoleh thitung >ttabel yaitu 6,97>1,677. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positip antara kompetensi pedagogik tutor dengan rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun di PAUD SKB Kota Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 001 |
Keywords: | Rasa Percaya Diri; Anak Usia 4-5; Tugas Tutor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 02:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6070 |