PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA SWASTA KEBANGSAAN MEDAN

Tanjung, Ayu Angraini (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA SWASTA KEBANGSAAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202121005_Cover.pdf] Text
4202121005_Cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4202121005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202121005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 4202121005_Abstrak.pdf] Text
4202121005_Abstrak.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 4202121005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202121005_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4202121005_Daftar_Isi.pdf] Text
4202121005_Daftar_Isi.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4202121005_BAB_I.pdf] Text
4202121005_BAB_I.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 4202121005_BAB_II.pdf] Text
4202121005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[thumbnail of 4202121005_BAB_III.pdf] Text
4202121005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[thumbnail of 4202121005_BAB_IV.pdf] Text
4202121005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of 4202121005_BAB_V.pdf] Text
4202121005_BAB_V.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4202121005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202121005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4202121005_Lampiran.pdf] Text
4202121005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik multiple choice reasoning terbuka sebagai instrumen dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan profil miskonsepsi siswa pada materi Suhu dan Kalor. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian yaitu Model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebarluasan (disseminate). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Swasta Kebangsaan Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Instrumen tes diagnostik yang dibuat dalam bentuk tes multiple choice reasoning terbuka terdiri dari 3 tingkat yaitu opsi jawaban, alasan serta tingkat keyakinan, (2) Instrumen tes diagnostik multiple choice reasoning terbuka terdiri dari 13 soal yang dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,75, dan (3) Persentase siswa yang menghadapi miskonsepsi sebesar 64,2% dimana persentase tertinggi ditunjukkan pada konsep perpindahan energi akibat perbedaan suhu dengan persenan sebesar 70%. Hasil analisis data menyatakan bahwa instrumen tes diagnostik multiple choice reasoning terbuka yang dibuat efektif untuk mengidentifikasi miskonsepsi serta mengetahui profil miskonsepsi pada materi Suhu dan Kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.071 2 Tan p
Keywords: Tes diagnostik; Multiple choice reasoning terbuka; Miskonsepsi; Suhu; Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 04:19
Last Modified: 23 Jun 2025 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60691

Actions (login required)

View Item
View Item