Tanjung, Ayu Angraini (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MULTIPLE CHOICE REASONING TERBUKA UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA SWASTA KEBANGSAAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202121005_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Cover.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 4202121005_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (702kB)
![[thumbnail of 4202121005_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Abstrak.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of 4202121005_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 4202121005_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Daftar_Isi.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 4202121005_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_BAB_I.pdf
Download (360kB)
![[thumbnail of 4202121005_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (339kB)
![[thumbnail of 4202121005_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (284kB)
![[thumbnail of 4202121005_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (374kB)
![[thumbnail of 4202121005_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_BAB_V.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of 4202121005_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (297kB)
![[thumbnail of 4202121005_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202121005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik multiple choice reasoning terbuka sebagai instrumen dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan profil miskonsepsi siswa pada materi Suhu dan Kalor. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian yaitu Model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebarluasan (disseminate). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Swasta Kebangsaan Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Instrumen tes diagnostik yang dibuat dalam bentuk tes multiple choice reasoning terbuka terdiri dari 3 tingkat yaitu opsi jawaban, alasan serta tingkat keyakinan, (2) Instrumen tes diagnostik multiple choice reasoning terbuka terdiri dari 13 soal yang dinyatakan valid dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,75, dan (3) Persentase siswa yang menghadapi miskonsepsi sebesar 64,2% dimana persentase tertinggi ditunjukkan pada konsep perpindahan energi akibat perbedaan suhu dengan persenan sebesar 70%. Hasil analisis data menyatakan bahwa instrumen tes diagnostik multiple choice reasoning terbuka yang dibuat efektif untuk mengidentifikasi miskonsepsi serta mengetahui profil miskonsepsi pada materi Suhu dan Kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.071 2 Tan p |
Keywords: | Tes diagnostik; Multiple choice reasoning terbuka; Miskonsepsi; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:19 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60691 |